Jembatan Girpasang Dibangun Tahun Depan, Ganjar: Jadi Destinasi Wisata Baru

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menargetkan pembangunan jembatan di Dukuh Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten dimulai tahun 2021. Keberadaan jembatan penting sebagai akses perekonomian warga.

Girpasang berlokasi di lereng Gunung Merapi. Pedukuhan kecil ini hanya ada 9 unit rumah yang dihuni 12 kepala keluarga (KK) dan 37 jiwa. Potensi alam yang masih asri sangat cocok dijadikan destinasi wisata baru di Kabupaten Klaten.

“Baru sekali ini ke Girpasang. Tapi dari dulu memang pingin datang untuk merespon. Tadi ketemu mbah Padmo (sesepuh Dukuh Girpasang) dan ngobrol-ngobrol, dulu beliau yang meminta adanya jembatan,” kata Ganjar di Klaten, Sabtu (01/08/2020).

Ganjar menjelaskan, jembatan Girpasang sebenarnya akan dibangun tahun 2020, namun terkena refocusing penanganan pandemi Covid-19. Kendati demikian pihaknya menargetkan jembatan mulai bisa dikerjakan pada 2021.

“Dulu sudah kita respon dan berkomunikasi dengan pusat. Mudah-mudahan di tahun 2021 sudah. Tadi desain (jembatan) pak kades juga sudah nyiapin, nanti saya kawal,” ujar Ganjar.

Menurut Ganjar, Dukuh Girpasang sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata, karena unik dan menarik. Namun ia meminta harus tetap mempertahankan potensi alam maupun kebudayaannya. Untuk itu pihaknya ingin ada masukan terkait konsep maupun desain yang sesuai.

“Kita butuh relawan siapa yang bisa mendesain lanskap agar bisa ditata, mungkin yang ngerti seni budaya kultur bisa diceritakan. Begitu juga untuk rumah, ketika mau dibangun RTLH coba cari arsitek, daerahnya dingin, kalau bisa jangan banyak material semen, biar hangat. Monggo nanti para arsitek yang mengerti soal itu,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI