Jembatan Kali Buntung Ambrol Diguyur Hujan Deras

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Jembatan Kali Buntung di Desa Lengking Kecamatan Bulu ambrol. Akibatnya akses warga di empat desa terputus karena jembatan tersebut merupakan poros penghubung antar desa.

Selain itu sawah sekitar 70-80 hektar yang ditanami padi juga terdampak banjir dan tanggul jebol dibeberapa tempat. Kondisi tersebut terjadi disebabkan hujan deras yang menguyur wilayah Kecamatan Bulu sejak beberapa hari terakhir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Sri Maryanto, Jumat (29/01/2021), mengatakan, hujan deras melanda wilayah Kecamatan Bulu sejak beberapa hari terakhir. Akibatnya bencana alam terjadi setelah sebelumnya pohon tumbang dan dapur rumah warga longsor, kali ini jembatan ambrol, sawah tergenang banjir dan tanggul jebol.

Akibatnya akses warga di empat desa terputus karena jembatan tersebut merupakan poros penghubung antar desa. Selain itu sawah sekitar 70-80 hektar yang ditanami padi juga terdampak banjir dan tanggul jebol dibeberapa tempat.

Kejadian ambrolnya Jembatan Kali Buntung sudah dilaporkan BPBD Sukoharjo ke Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS). Laporan diberikan karena status jembatan Kali Buntung menjadi kewenangan BBWSBS.

“Dampak dari hujan deras juga menyebabkan air Kali Buntung meluap dan mengakibatkan banjir. Sawah sekitar 70-80 hakter yang ditanami padi terendam air. Kondisi tanaman padi baru mulai masa tanam dan membuat petani resah karena banjir menyebabkan kerusakan,” ujarnya.

Hujan deras juga mengakibatkan beberapa titik tanggul jebol karena tidak kuat menahan derasnya air. Proses perbaikan harus dilakukan secepatnya untuk mengantisipasi terjadinya bencan alam susulan lainnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI