Jukir Liar Marak, Dishub Sukoharjo Lakukan Penertiban

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pelanggaran tempat dan tarif parkir kendaraan masih ditemukan tidak hanya di Kecamatan Sukoharjo Kota saja namun juga di kawasan bisnis di Solo Baru, Kecamatan Grogol. Bahkan ditemukan juru parkir (jukir) liar tanpa mengenalan identitas resmi dan karcis parkir saat menarik uang pada pemilik kendaraan. 

Salah satu warga Mojolaban, Vianto, Kamis (21/3) mengatakan, datang ke salah satu tempat makan di kawasan Solo Baru, Grogol menggunakan sepeda motor dan parkir. Saat itu datang seseorang tidak mengenakan identitas resmi sebagai jukir seperti seragam dan Kartu Tanda Pengenal (KTA). Selanjutnya orang tersebut meminta tarikan uang sebesar Rp 2.000 untuk parkir sepeda motor. 

Setelah mendapatkan uang orang tersebut kemudian pergi dan tidak menjalankan tugas menunggui sepeda motor yang diparkir pembeli ditempat makan tersebut. “Kalau memang itu jukir resmi maka harus ada identitasnya dan menjalankan tugas menunggui sepeda motor yang diparkir. Selain itu saat menarik atau meminta uang juga tidak ada bukti karcis resmi parkir,” ujarnya. 

Tarif parkir sendiri sudah diatur Pemkab Sukoharjo dalam  Peraturan Daerah (Perda) Nomor 12 Tahun 2017 tentang Perubahan Perda Nomor 13 Tahun 2011 tentang Retribusi Daerah. Aturan wajib ditegakan karena rawan terjadi pelanggaran pungutan liar (pungli) berupa penarikan tarif parkir tidak sesuai Perda. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo Djoko Indrianto mengatakan, benar ada aturan baru mengenai besaran tarif parkir kendaraan. Aturan di dalam Perda harus dilaksanakan oleh jukir resmi. Apabila tidak melakukan sesuai ketentuan maka bisa masuk kategori pelanggaran pungli. Sebab jukir menarik besaran tarif tidak sesuai dengan ketentuan dalam Perda Nomor 12 Tahun 2017 tentang Perubahan Perda Nomor 13 Tahun 2011 tentang Retribusi Daerah. 

Masyarakat juga harus mengetahui mengenai aturan baru tersebut berkaitan dengan tarif parkir kendaraan. Masyarakat bahkan berhak menolak atau meminta uang kembalian kepada jukir apabila ditarik tarif parkir kendaraan tidak sesuai dengan aturan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI