Jumlah Calon Pemilih Pilgub Jateng di Sukoharjo Turun 16,5 Persen

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Jumlah calon pemilih Pilgub Jawa Tengah 2018 untuk Kabupaten Sukoharjo menurun 16,5 persen. Apabila sebelumnya dalam data awal Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) tercatat sebanyak 690.415 pemilih maka sekarang turun sebanyak 133.174 pemilih.

Jumlah pemilih sekarang tinggal 557.214 pemilih. Data penurunan tersebut diketahui setelah selesai dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo Kuswanto, Rabu (21/2/2018) mengatakan, proses coklit sudah selesai pada 18 Februari kemarin. Hasilnya sudah diketahui, terjadi penurunan signifikan sebanyak 133.174 pemilih.

Penurunan jumlah pemilih dalam coklit diketahui karena sejumlah faktor, salah satunya tidak terpenuhinya syarat sebagai pemilih Pilgub Jawa Tengah 2018 di Kabupaten Sukoharjo. Faktor tersebut seperti, meninggal dunia namun masih tercatat dalam daftar pemilih.

“Hasil akhir jumlah pemilih Pilgub Jawa Tengah 2018 untuk Kabupaten Sukoharjo sebanyak 557.241 pemilih. Jumlah itu turun dibandingkan data dalam DP4 sebanyak 690.415 pemilih,” ujar Kuswanto.

Data dari KPU Sukoharjo diketahui saat dilakukan coklit banyak temuan data yang akhirnya membuat petugas melakukan pencoretan. Selain karena faktor sudah meninggal dunia, juga ditemukan data pemilih ganda, pemilih di bawah umur, pemilih pindah domisili, pemilih tidak dikenal, pemilih masih berstatus TNI, pemilih hilang inggatan, pemilih masih berstatus Polri, pemilih dengan hak pilih dicabut serta pemilih bukan penduduk setempat.  

Dari data tersebut jumlah paling banyak yakni pemilih pindah domisili sebanyak 18.803 pemilih. Posisi kedua karena pemilih meninggal dunia 12.420 pemilih. “Dalam proses coklit dilakukan dengan teliti agar menghasilkan data valid dan itu sudah dilakukan petugas,” lanjutnya.

Komisioner KPU Sukoharjo Muladi menambahkan, dalam proses coklit petugas juga melakukan pendataan pemilih dari disabilitas. Hasilnya diketahui, ada 2.348 pemilih disabilitas terdata. Mereka tersebar disejumlah wilayah di SUkoharjo. (Mam)

BERITA REKOMENDASI