Jumlah DPS di Sukoharjo Turun

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018 resmi ditetapkan. Penetapan dilakukan dalam rapat pleno bersama yang digelar di pendapa kantor KPU Sukoharjo, Kamis (15/03/2018). Dalam penetapan tersebut diketahui hasil ada penurunan jumlah DPS dibandingkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) sebanyak 32.732 orang.

Anggota KPU Sukoharjo Nuril Huda usai rapat pleno mengatakan, sesuai data DP4 diketahui ada 690.415 orang sedangkan dalam DPS saat digelar rapat pleno 657.683 orang atau menurun 32.732 orang. Data tersebut diketahui setelah dilakukan proses panjang oleh petugas dengan melakukan pendataan langsung ke lapangan.

Petugas mendatangi rumah warga yang masuk dalam data pemilih. Setelah dilakukan pencocokan dan penelitan diketahui hasilnya seperti dalam data yang sudah diplenokan KPU Sukoharjo.

"Sebelum diplenokan data ini sudah melalui serangkaian proses. Data dipastikan sudah diketahui semua pihak terkait seperti KPU, Panwaskab dan Panwascam, PPK dan PPS, tim sukses Pilgub dan Partai Politik (Parpol)," ujar Nuril Huda.

DPS meski sudah diplenokan bukan berarti akan dipakai sepenuhnya dalam pelaksanaan Pilgub Jawa Tengah 2018. Tahapan yang akan digelar nanti yakni perbaikan data pemilih. Pelaksanaanya akan dilakukan dalam waktu dekat.

Pada tahap ini dimungkinkan DPS akan kembali berubah karena beberapa faktor seperti pemilih meninggal dunia, pindah alamat dan status, atau baru memiliki hak pilih setelah genap berusia 17 tahun atau menikah.

Perubahan data terus dipantau petugas sampai batas waktu yang ditentukan sebelum pelaksanaan pencoblosan Pilgub Jawa Tengah 2018. Masyarakat juga dihimbau aktif memberikan informasi ke petugas apabila belum terdata sebagai pemilih.

Anggota KPU Sukoharjo Achmad Muladi mengatakan, penetapan DPS dilakukan sesuai dengan PKPU Nomor 11 Tahun 2017. Isi aturan tersebut yakni setelah dilakukan pemutakhiran data di tingkat PPK maka tahap selanjutnya adalah rapat pleno di tingkat KPU.

Dalam PKPU juga diatur mengenai waktu pelaksanaan rapat pleno DPS mulai tanggal 10-16 Maret 2018. "Rapat pleno KPU Sukoharjo sekarang yakni penetapan DPS Pilgub Jawa Tengah 2018. Data ini sifatnya masih sementara dan masih dimungkinkan berubah sampai penetapan DPT," ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI