Kaca Mobil Dipecah, Uang Rp 80 Juta Amblas

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJAcom – Joko Winarso warga Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura seorang guru menjadi korban pencurian dengan pemberatan (curat) dengan modus memecah kaca mobil, Jumat (11/06/2021). Akibatnya korban kehilangan uang tunai Rp 80 juta yang baru saja diambil dari bank. Pelaku diduga lebih dari satu orang beraksi saat korban meninggalkan mobil terparkir di pinggir jalan saat akan menunaikan salat Jumat di Masjid Atha SMP Muhammadiyah 1 Gatak.

Kapolsek Gatak Iptu Tugiyo mengatakan, aksi curat terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Pelaku dengan cepat mengambil uang tunai yang disimpan korban di dalam mobil. Polisi usai menerima laporan kejadian langsung bergerak cepat melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan meminta keterangan korban.

Kronologis kejadian bermula saat korban usai mengambil uang tunai Rp 80 juta dari BRI Sukoharjo. Uang tersebut dimasukan plastik warna hitam dan diletakan dalam mobil. Korban kemudian mengemudikan mobil pulang dari bank menuju ke rumah di Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura. Dalam perjalanan korban berhenti untuk menunaikan salat Jumat di Masjid Atha SMP Muhammadiyah 1 Gatak.

Mobil korban yang didalamnya ada uang puluhan juta rupiah itu diparkir di pinggir jalan raya. Selang tidak lama korban diberitahu warga bahwa kaca mobil pecah. Korban seketika kaget dan keluar masjid untuk mengecek kondisi mobil dan uang tunai yang baru saja diambil.

Korban kaget karena uang tunai tersebut sudah hilang tidak ada ditempat semula di dalam mobil. Kejadian tersebut kemudian dilaporkan korban ke Polsek Gatak. Oleh pihak Polsek Gatak kemudian diteruskan ke Polres Sukoharjo dan langsung melakukan olah TKP.

“Korban habis mengambil uang tunai Rp 80 juta di BRI Cabang Sukoharjo dan hendak pulang ke rumah. Dalam perjalanan korban berhenti di Masjid Atha SMP Muhammadiyah 1 Gatak untuk menunaikan salat Jumat. Namun korban belum salat Jumat sudah diberitahu warga bahwa kaca mobil pecah dan korban langsung melihat keluar. Uang di dalam mobil sudah hilang,” ujarnya.

Mobil korban yang dirusak pelaku terletak pada bagian kaca depan bagian kanan. Pelaku diduga mengambil uang tunai milik korban dari sisi tersebut.

Polsek Gatak dan Satreskrim Polres Sukoharjo sudah turun melakukan olah TKP dan meminta keterangan korban. Saksi disekitar lokasi kejadian juga ikut dimintai keterangan.

“Masih dalam penyelidikan. Petugas sudah meminta keterangan korban dan saksi atas kejadian tersebut,” lanjutnya.

Korban diduga telah dibuntuti pelaku sejak dari bank saat mengambil uang tunai. Iptu Tugiyo mengatakan, sesuai keterangan saksi diduga pelaku aksi curat dilakukan dua orang.

Salah satu saksi mata, Sugiyono mengatakan, melihat seorang pelaku menghampiri mobil milik korban. Selang tidak lama terdengar suara kaca pecah. Selanjutnya pelaku terlihat langsung pergi ke arah orang lain yang diduga temannya di atas sepeda motor.

“Kejadiannya sangat cepat, satu orang berada di mobil korban dan terdengar suara kaca pecah. Kemudian orang itu lari ke temannya yang menunggu di atas motor,” ujarnya.

Korban Joko Winarso mengatakan, mengambil uang di BRI Cabang Sukoharjo sekitar pukul 10.30 WIB. Joko Winarso mengaku kemudian pulang dan tidak merasa dibuntuti selama di perjalanan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI