Kagetkan Pekerja, Gudang Kapas PT Sritex Terbakar

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Gudang kapas milik PT Sritex di Jalan KH Samanhudi, Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo Kota terbakar. Penyebab kebakaran masih belum diketahui dan dalam penyelidikan petugas. Belasan mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa meski pada saat kejadian banyak karyawan sedang beraktifitas.

Baca Juga: Sampah Plastik Masih Menjadi Masalah Besar di Indonesia

Kabid Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo Margono, Sabtu (28/9/2019) mengatakan, kebakaran terjadi di gudang milik PT Sritex sebagai tempat penyimpanan bahan baku kapas sekitar pukul 21.30, Jumat (27/9/2019). Petugas setelah menerima laporan kejadian langsung menerjunkan sejumlah unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi.

Pemadaman dilakukan juga melibatkan petugas dan mobil pemadaman kebakaran dari wilayah Solo Raya berjumlah belasan unit. Petugas berjibaku memadamkan api dengan melakukan penyemprotan air. Kondisi gudang yang berisi bahan mudah terbakar berupa kapas menyebabkan korban api cepat membesar. Bahkan api semakin besar karena tiupan angin kencang di lokasi kejadian.

Besarnya api dan pekatnya asap hitam dalam kebakaran tersebut membuat petugas mengalami kesulitan. Pemadaman terus dilakukan petugas dari berbagai sisi gudang kapas milik PT Sritex. Meski usaha sudah dilakukan namun api belum juga padam. Kebakaran masih terjadi hingga Sabtu (28/9/2019) sekitar pukul 08.00 WIB. Hal tersebut terlihat dari kepulan asap hitam pekat keluar dari dalam bangunan gudang kapas milik PT Sritex.

"Posisi petugas dan mobil pemadam kebakaran dari Sukoharjo dan bantuan daerah lain di Solo Raya masih berada di lokasi kejadian. Sebab kebakaran masih terjadi di gudang kapas milik PT Sritex," ujarnya.

Suhu udara disekitar gudang kapan milik PT Sritex yang terbakar sangat panas dan membuat petugas meminta orang tidak berkepentingan untuk menghindari lokasi. Pihak PT Sritex juga telah meminta semua karyawan menjauh lokasi kebakaran untuk menghindari hal tidak diinginkan.

"Soal penyebab kebakaran belum diketahui sebab petugas gabungan masih fokus melakukan upaya pemadaman. Kondisi di dalam gudang berisi kapas membuat mudah terbakar dan api cepat membesar," lanjutnya.

Margono menjelaskan, pemadaman gudang kapas milik PT Sritex mengalami kesulitan karena faktor material mudah terbakar. " Petugas sudah menyemprotkan air dan pada bagian atas sudah padam. Namun bagian bawah masih ada bara api dan selang tidak lama api bisa menyala lagi. Itu karena memang sifat kapas mudah terbakar," lanjutnya.

Petugas pemadam kebakaran Satpol PP Sukoharjo nantinya akan terus disiagakan hingga api dipastikan padam. Sebab setelah padam petugas masih melakukan proses pemadaman hingga gudang dipastikan aman.

Kapolsek Sukoharjo Kota AKP Parwanto mengatakan, penyebab kebakaran belum diketahui pasti. Petugas masih terus melakukan usaha pemadaman dengan melibatkan belasan unit mobil pemadam kebakaran. 

"Aparat kepolisian membantu mensterilkan jalan raya depan lokasi kebakaran karena banyak warga melihat kejadian. Akses petugas pemadam kebakaran harus diprioritaskan agar api segera padam," ujarnya.

Baca Juga: Tak Efektif Atasi Masalah Sampah, Cukai Plastik Buat Apa? 

GM HRD PT Sritex Sri Saptono Basuki mengatakan, kebakaran terjadi di gudang kapas. Dalam kejadian tidak ada korban jiwa meski di lingkungan pabrik banyak karyawan pada saat kebakaran terjadi. 

"Kebakaran sudah ditangani petugas dengan melakukan penyemprotan air menggunakan belasan unit mobil pemadam kebakaran. Penyebab kebakaran belum diketahui," ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI