Kantor DLH Sukoharjo Ditutup, Pelayanan Pengangkutan Sampah Tetap Berjalan

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo tetap mengoperasionalkan pelayanan pengangkutan sampah masyarakat. Pelayanan dilakukan meski ada sejumlah aparatur sipil negara (ASN) DLH Sukoharjo terkonfirmasi positif virus corona dan berdampak penutupan sementara kantor.

Kepala DLH Sukoharjo Agustinus Setiyono, Kamis (01/10/2020) mengatakan pelayanan pengangkutan sampah buangan masyarakat tetap dilakukan meski kondisi di DLH Sukoharjo ditemukan sejumlah ASN positif virus corona. Hal itu dilakukan mengingat kondisi kantor berbeda tempat.

Para ASN bekerja di kantor lantai 4 Gedung Menara Wijaya Pemkab Sukoharjo sedangkan petugas pelayanan sampah berada ditempat terpisah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mojorejo di Desa Mojorejo, Kecamatan Bendosari.

“Pelayanan pengangkutan sampah masyarakat tetap dilakukan. Apabila tidak maka akan menimbulkan masalah mengingat sampah buangan masyarakat dalam satu hari sangat banyak mencapai 140 ton,” ujarnya.

DLH Sukoharjo mencatat dalam setiap hari ada potensi sampah buangan sebanyak 350 ton. Sampah tersebut berasal dari buangan masyarakat, pasar tradisional, pusat perbelanjaan, hotel, mall dan industri.

Sampah yang dihasilkan tersebut hanya sebanyak 140 ton saja yang masuk ke pembuangan di TPA Mojorejo. Selama proses pembuangan tersebut DLH Sukoharjo mengerahkan puluhan truk pengangkut sampah berkeliling di 12 kecamatan.

“Pengangkutan 140 ton sampah itu saja dilakukan sejak pagi hingga petang karena memang banyaknya volume sampah buangan di Sukoharjo,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI