Kapolda Jateng Kunjungi Pengungsi di Balerante

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengunjungi barak pengungsian di Desa Balerante Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten, Rabu (11/11/2020). Tiba di Balerante, Kapolda Jateng langsung melakukan pengecekan ruang CCTV dan seismograf yang digunakan untuk memantau aktivitas Gunung Merapi.

Kapolda dan jajaran juga melakukan koordinasi dengan kepala BPBD Klaten tentang tata kelola penanganan bencana Erupsi Merapi, baik jalur evakuasi, sarana prasarana evakuasi, hingga penanganan di lokasi pengungsian. Selanjutya kapolda mengunjungi pengungsi di Bale Desa Balerante.

Terdapat 88 pengungsi terdiri dari 10 balita, 11 anak-anak, 26 lansia, 3 ibu hamil dan menyusui, 2 warga sakit, 3 disabilitas dan 33 dewasa di tempat ini. Mereka sudah menempati lokasi pengungsian selama 5 hari.

Kapolda menjelaskan, kedatanganya dalam rangka operasi Aman Nusa untuk menangani Covid-19 dan berbagai kejadian kontijensi lainnya seperti Erupsi Gunung Merapi. Kapolda menekankan,dalam penanganan pengungsi harus mengutamakan aspek protokol kesehatan, baik itu masyarakat maupun petugasnya.

“Jangan sampai dalam bencana (erupsi Merapi) ini akan timbul klaster baru. Untuk itu Kabid Dokkes sudah kami perintahkan agar bersama dinas kesehatan terkait betul-betul mengawasi masyarakat kita yang terdampak erupsi,” kata Kapolda

Selain itu, Kapolda juga menekankan penggunaan kearifan lokal dalam penanganan erupsi Gunung Merapi yakni melibatkan masyarakat lokal untuk menjadi relawan. Hal ini dinilai lebih menguntungkan karena masyarakat lokal sangat paham dengan kondisi lapangan.

Kapolda menjelaskan, atas inisiatif Kapolres dan para relawan, juga telah menyiapakan lokasi untuk evakuasi ternak. Kesiapan evakuasi mandiri warga Balerante dinilai Kapolda sudah sangat baik.

Masyarakat sudah dilatih untuk menyiagakan kendaraan pribadinya, jika sewaktu-waktu harus evakuasi darurat termasuk kesiapan sarana evakuasi massal mandiri. Sebelum meninggalkan lokasi pengungsian, Kapolda menyerahkan bantuan sembako untuk pengungsi. (Sit)

BERITA REKOMENDASI