Kapolres Sukoharjo Pimpin Tim Gabungan Sidak Pasar

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi pimpin tim gabungan inspeksi mendadak (sidak) harga dan stok barang kebutuhan pokok di Pasar Ir Soekarno, Sukoharjo dan Pasar Telukan, Grogol, Rabu (20/12/2017). Polisi turun langsung ke lapangan bersama petugas terkait untuk memastikan kebutuhan masyarakat terjamin.

Sidak diikuti petugas dari Polres, Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Dinas Kesehatan Kabupaten, Dinas Pertanian dan Perikanan dan Bulog. Tim gabungan mendatangi secara langsung lokas secara bergantian untuk melihat stok barang dan harga barang kebutuhan pokok.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi mengatakan, sidak dilakukan khususnya dalam rangka menghadapi Natal dan Tahun Baru 2018. Disaat ini ada kerawanan terjadi masalah berupa kelangkaan dan kenaikan harga kebutuhan pokok.

Sidak juga dilakukan atas perintah pimpinan Polri berkaitan dengan jaminan kepada masyarakat. “Biasanya menjelang perayaan hari raya keagamaan muncul kerawanan kelangkaan dan kenaikan harga kebutuhan pokok. Makanya sejak awal kami pantau dengan datang langsung ke pasar tradisional,” ujar AKBP Iwan Saktiadi.

Sidak pertama dilakukan tim gabungan di Pasar Ir Soekarno, Sukoharjo. Petugas melihat sejumlah barang kebutuhan pokok dan bertemu langsung dengan pedagang. Ditempat tersebut belum ditemukan masalah. Artinya stok barang dan harga kebutuhan pokok masih aman. Sidak kemudian dilanjutkan di Pasar Telukan, Grogol dan kondisi sama ditemukan.

“Semua barang kebutuhan pokok kami pantau dan kami tanyakan langsung ke pedagang bersama dinas terkait,” lanjutnya.

Barang kebutuhan pokok yang dipantau seperti beras, gula pasir, telur, daging sapi, daging ayam dan lainnya. Stok tersebut masih melimpah dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Untuk lebih menjamin ketersediaan dan harga barang kebutuhan pokok Kapolres menegaskan juga melakukan pemantauan penuh distribusi. Polisi bahkan mengamankan jalur distribusi barang kebutuhan pokok agar tidak terjadi hambatan diperjalanan.

“Ditingkat paling atas sampai bawah harus dijamin distribusi barang lancar. Para tengkulak jangan bermain curang dengan melakukan penimbunan,” lanjutnya.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo mengatakan, dalam sidak diketahui barang dan harga kebutuhan pokok masih aman. Tidak ada gejolak khususnya dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru 2018.

“Stok kebutuhan pokok masih aman. Apabila kurang maka bisa ditambah. Masyarakat dijamin bisa mudah dan murah mendapatkan barang,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI