Kasihan.. Delapan Berkas Bacaleg Ini Tak Lolos Verifikasi

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Berkas bakal calon legislatif (bacaleg) yang akan mengikuti kontestasi pileg tingkat II pada Pemilu 2019 sudah selesai diverifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali, Selasa (7/8/2018) kemarin. Dari total 347 berkas yang diverifikasi, terdapat delapan berkas bacaleg yang tak memenuhi syarat sehingga gugur dalam pencalonan.

Dengan demikian, terdapat 339 bacaleg yang akan maju dalam tahap selanjutnya. Komposisinya yakni PDIP dan Golkar masing-masing 45 Bacaleg, Demokrat dan PKS masing-masing 44, PKB 37, Gerindra 27, PAN 24, Nasdem 23, PPP 14, Partai Berkarya dan Perindo masing-masing 13, Hanura 5, dan PBB sebanyak 2 bacaleg saja.

Komisioner KPU divisi Teknis, Pardiman, Rabu (8/8/2018) memaparkan, delapan berkas bacaleg yang tak lolos tersebut berasal dari empat parpol, yakni Nasdem satu bacaleg, Berkarya dan Perindo masing-masing dua bacaleg, dan PBB tiga bacaleg. Meski ada yang gugur, namun tak mempengaruhi syarat kuota perempuan yang ditetapkan minimal 30 persen dari masing-masing parpol.

Untuk PBB yang hanya mendaftarkan lima bacaleg saja, tiga diantaranya, yang didaftarkan untuk bertarung di Dapil 3 meliputi Kecamatan Juwangi, Wonosego, Kemusu dan Karanggede, tak lolos karena tak melakukan perbaikan berkas administrasi. "Sementara dua bacaleg PBB lainnya akan berebut kursi di dapil 5, yakni di Kecamatan Banyudono, Sawit, Sambi dan Ngemplak," jelasnya. Ada 10 kursi yang diperebutkan oleh dua calon dari PBB tersebut, bersaing dengan 70 calon lainnya.

Selanjutnya, lanjut Pardiman, berkas bacaleg yang memenuhi syarat ini akan segera disusun menjadi Daftar Calon Legislatif Sementara. Namun sebelum daftar ditetapkan, KPU akan meminta masukan dari masyarakat untuk memastikan kredibilitas para bacaleg tersebut. Misal tak menggunakan narkoba ataupun perbuatan tercela lainnya. Bila ada laporan dari masyarakat terkait salah satu bacaleg sebelum masa penetapan, pihak akan melakukan verifikasi. (Gal)

 

BERITA REKOMENDASI