Kasus Kecelakaan Tinggi, Pesepeda Diimbau Gunakan Jalan Aman

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda angin di Kabupaten Klaten mengalami lonjakan. Pengguna sepeda angin diimbau untuk selalu menggunakan jalan aman saat beraktivitas.

Kanit Laka Sat Lantas Polres Klaten Iptu Panut Haryono mengatakan kejadian kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda angin pada semester I tahun 2020 ada 50 kejadian. Rinciannya, tujuh penggowes dan sisanya masyarakat yang beraktivitas harian, misalnya saat ke pasar maupun ke sawah.

“Dari tujuh penggowes yang mengalami kecelakaan itu hanya satu yang sampai meninggal dunia. Sisanya luka ringan. Faktor kecelakaan karena kurangnya kehati-hatian saat bersepeda di jalan raya,” ujarnya, Sabtu (29/08/2020).

Dijelaskan, kejadian pada semester I tahun 2020 lebih tinggi dibandingkan tahun lalu di periode yang sama. Pada semester I tahun 2019 angka kejadian kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda angin ada sebanyak 44 kejadian.

“Tahun 2020 lebih tinggi kejadiannya. Faktor yang mempengaruhi adalah animo masyarakat untuk bersepeda saat ini meningkat, lagi booming. Selain itu kurangnya hati-hati,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI