Kaum Milenial Jadi Ujung Tombak Promosi Wisata Boyolali

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Setelah menyisihkan ratusan peserta sejak tahap awal, pasangan Mas dan Mbak duta Wisata Boyolali akhirnya terpilih pada malam final yang digelar di Gedung Lembi Sora, Setda Boyolali, Minggu (30/6/2019) malam. Nantinya, pasangan muda-mudi tersebut akan mengemban tugas sebagai duta wisata untuk mempromosikan pariwisata Boyolali. 

Dalam malam final yang diikuti 20 peserta, masing-masing 10 putra dan putri, seluruh finalis digali wawasan dan potensinya. Tak hanya isu lokal dan global tentang kepariwisataan, aspek kerpibadian dan wawasan umum juga menjadi materi pertanyaan para juri. Hasil akhir, Jarot Dwiyanto, siswa SMA N 1 Boyolali dan Intan Dyah Ayu Putri, mahasiswi jurusan Bahasa Inggris UNS Surakarta, terpilih menjadi pasangan Mas dan Mbak Duta Wisata Boyolali. 

Selain mencari pasangan juara, diadakan pula pemenang untuk berbagai kategori, yakni inteligensi, kepribadian, busana terbaik, persahabatan, favorit, dan suporter terbaik.
 
Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Boyolali, Wiwis Trisiwi Handayani mengatakan, pasangan muda-mudi generasi milenial ini akan memikul tugas besar untuk mempromosikan wisata Boyolali. Sebab dalam strategi kepariwisataan saat ini, peran milenial dengan segala kelincahannya akan menjadi ujung tombak dalam menggencarkan wisata dan budaya Boyolali. 

"Kita bersinergi dengan generasi milenial untuk ikut aktif memajukan wisata dan budaya Boyolali. Sebab generasi mereka inilah yang punya energi dan strategi sesuai perkembangan jaman saat ini," katanya. 

Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, M. Said Hidayat juga menegaskan, generasi milenial adalah juru bicara yang tepat untuk mempromosikan wisata Boyolali. Mereka memahami berbagai hal yang kurang dikuasai generasi sebelumnya, misal penguasaan teknologi dalam strategi promosi wisata. Dengan pemantapan generasi muda yang menguasai potensi budaya lokal, mereka bisa menyampaikan ke khalayak luas dengan cara mereka sendiri tentang wisata dan budaya Boyolali sesuai dengan karakter masyarakat saat ini. 

"Diperlukan generasi muda yang mampu menyampaikan apa dan bagaimana Boyolali serta tahu apa yang perlu dikembangkan dan mesti dilakukan untuk memajukan Boyolali," jelasnya.

Usai penobatan, pasangan Mas dan Mbak Duta Wisata Boyolali akan maju ke tingkat provinsi. Rencananya, pemilihan untuk Duta Wisata Jawa Tengah ini akan digelar November mendatang  di Boyolali. (Gal)‎

BERITA REKOMENDASI