Kawanan Kera Liar Batu Seribu Kembali Serang Warga

Sunardi menambahkan, penyebab serangan kawanan kera liar lainnya akibat faktor musim kemarau yang mengakibatkan tanaman buah diatas pegunungan Batu Seribu, Bulu kering dan mati. Dampaknya tidak ada buah sebagai stok makanan kawanan kera liar.

Warga semakin resah karena kawanan kera liar merusak hasil bumi berupa perkebunan. Berbagai tanaman palawija rusak dan warga gagal panen. “Tidak ada warga yang berhasil menanam palawija karena semua habis diserbu kawanan kera liar,” ujarnya.

Hasil perkebunan sebelumnya sangat diandalkan warga sebagai sumber bahan pangan dan pendapatan. Namun karena sekarang diserang kawanan kera liar maka warga memilih untuk tidak memaksakan diri menanam.

“Faktor lain penyebab kawanan kera liar turun gunung dan menyerang perkebunan warga karena adanya pembakaran liar daun dan ranting kering saat kemarau. Hal ini seakan menjadi tradisi warga untuk membersihkan lingkungan dari sampah daun kering. Tapi dampaknya membuat kawanan kera liar takut dan rawan kebakaran,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI