Kawanan Kera Liar Resahkan Warga Sanggang

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Serangan kawanan kera liar resahkan warga di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu. Akibat kejadian tersebut lahan pertanian sengaja dibiarkan mangkrak karena setiap kali ditanami selalu dirusak.

Kepala Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Supangat, Minggu (18/9/2016) mengatakan, serangan kawanan kera liar terjadi hampir setiap hari. Warga resah karena kawanan kera liar selalu merusak hasil bumi berupa tanaman pangan seperi padi, jagung, ketela, singkong, kacang dan sayuran.

Setiap kali kawanan kera liar datang kerusakan lahan pertanian hampir 100 persen. Artinya hampir tidak ada tanaman yang bisa diselamatkan.

Kawanan kera liar juga menyerang warga saat menghalau serangan demi melindungi tanamannnya. Kondisi tersebut membuat warga takut dan memilih masuk ke dalam rumah.

“Kawanan kera liar itu turun ke lahan pertanian warga untuk mencari makanan. Sebab habitat aslinya di atas bukit Batu Seribu kemungkinan sudah tidak ada makanan,” ujar Supangat.

Di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu total ada 43 hektar lahan pertanian. Namun sekarang hanya ada 8,6 hektar atau 20 persen saja yang masih ditanami oleh warga. Tanaman yang ditanam yakni berupa ketela, singkong, jagung, kacang dan sayuran. (Mam)

BERITA REKOMENDASI