Keberangkatan 4 Calhaj DIY Tertunda

BOYOLALI (KRjogja.com) – Keberangkatan empat calon haji (Calhaj) Kloter 25 SOC asal Sleman dipastikan tertunda. Dua orang karena visa belum selesai, satu karena sakit berat dan satu tertunda karena mundur mengingat istrinya belum jadi berangkat.

"Dua orang karena nama di visa dengan di paspor berbeda, sehingga langsung kami urus ke Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta. Nanti begiti dapat info jika visa jadi, akan langsung kami ambil dan jemaah tersebut kita ikutkan di kloter berikutnya," kata Drs H Nurohman MA, Kabid Penerimaa Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkadi Adisumarmo kepada KR di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jumat (19/08/2016) malam.

Sedang yang tertunda karena sakit adalah Herawati. Sesampai Asrama haji Donohudan Rabu (17/8) ia langsung dibawa ke RS Muwardi Solo. Karena kondisi fisiknya tidak memungkinkan, akhirnya keberangkatan hajinya ditinda tahun depan.

"Bu Herawati harus cuci darah stadium empat, gula darahnya juga tinggi. Juga obesitas," jelasnya.

Karena Herawati belum jadi berangkat, lantas suaminya, Komarudin, juga menunda keberangkatan dengan menandatangani surat pengunduran diri. "Namun setelah pulang ke Yogya, beliau ingin berangkat haji, tapi karena sudah menandatangani surat pengunduran diri, maka sulit," tambahnya.

Sementara itu ada calon haji dari Sleman kloter 29 SOC yang berangkat Jumat pagi mengundurkan diri. Penyebabnya karena mengalami kanker mata. "Saat pemberangkatan ia ikut bus dari Sleman, tetapi sesampai Donohudan kembali ke Yogya. Saya tidak tahu namanya. Tapi dari KBIH Annur,"  jelas Nurohman.

Sementara itu sampai pukul 20.00 tadi malam ada 15 calon haji yang sakit. 10 di antaranya dari DIY. 3 orang dari Kloter 28 SOC, 5 orang dari Kloter 29 SOC, (kelimanya dirawat di rumah sakit) dan 2 orang dari Kulonprogo yang dalam observasi di klinik embarkasi.

"Mudah-mudahan sebelum jadwal penerbangan sudah kembali je Asrama Haji," kata Nurohman sambil menambahkan Kloter 28 SOC take off Sabtu (20/8) pukul 01.40 dan kloter 29 SOC take off pagi ini pukul 08.55.

Sementara Sukidi, calhaj klotet 29 SOC asal Gedongkuning Yogya, yang setiba di Asrama Haji Donohudan langsung dilarikan ke R S Muwardi Solo, tadi malam sudah kembali ke Asrama Haji. Kepada KR Sukidi yang sudah berusia lanjut mengaku hanya capai dan kurang tidur saja. (Fie)

 

BERITA REKOMENDASI