Kebutuhan Darah di Klaten 60 Kantong per Hari

KLATEN, KRJOGJA.com – Kebutuhan darah di Kabupaten Klaten rata-rata per hari mencapai 60 kantung. Jumlah tersebut masih bisa dipenuhi dengan baik oleh PMI Klaten. Hal ini dikatakan petugas unit donor darah PMI Klaten Muklis Raharjo, di sela aksi donor darah yang digelar  Tjokro Hotel Klaten, Selasa (13/8).

Muklis Raharjo lebih lanjut mengatakan, untuk kegiatan donor darah di Tjokro Hotel ditargetkan 40 kantung.  Animo masyarakat cukup bagus, namun terpaksa ada beberapa yang gagal melakukan donor, karena tidak memenuhi syarat, khsusnya pada tekanan darah. “ Jadi ada batas untuk tensi itu 110 sampai 160, kurang atau lebih dari itu tidak dianjurkan utuk donor darah,”kata Muklis.

Muklis juga menjelaskan, calon pedonor , juga tidak boleh minum obat dalam masa tiga hari terakhir menjelang donor darah. Batas usia minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun, dengan berat badan minimal 49 kg.

Stok darah di PMI Klaten saat ini relatif aman. Bisa mensuplay kebutuhan darah di rumah sakit wilayah Klaten, rata-rata 60 kantung per hari. Partisipasi masyarakat Klaten untuk donor darah juga dinilai cukup bagus.

“Setiap bulan rata-rata PMI harus menyediakan sekitar 2.000 kantung darah. Jadi kami harus bekerja ekstra menjaring masyarakat untuk donor darah. Kita bisa mobile, ke sekolahan, pabrik, atau ke instansi-instansi pemerintah,” jelas Muklis pula.

General Manager Tjokro Hotel Klaten, Fajar Tri Amboro didampingi stafnya, Sisi mengemukakan, kegitaan donor darah dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun yang ke tujuh. Donor darah tersebut terbuka untuk umum, antara lain diikuti juga belasan personil dari Kodim Klaten, kolega, corporate dan masyarakat sekitar. (Sit)

BERITA REKOMENDASI