Kebutuhan Harian Oksigen Medis di Rumah Sakit Sukoharjo Masih Tinggi

Editor: Ary B Prass

SUKOHARJO, KRJogja.com- Kebutuhan oksigen medis harian untuk penanganan kasus virus Corona di 10 rumah sakit rujukan di Kabupaten Sukoharjo minimal 25.000 meter kubik per hari. Angka tersebut masih bertambah untuk memenuhi kebutuhan oksigen difasilitas kesehatan lain dan kebutuhan umum kasus virus Corona yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Oksigen juga diperlukan untuk menangani pelayanan kesehatan masyarakat lainnya. Pemenuhan semua kebutuhan oksigen dibantu oleh Satuan Tugas (Satgas) bentukan Pemkab Sukoharjo mengingat kondisi sekarang mengalami masalah terjadinya peningkatan di tengah pandemi virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Minggu (1/8/2021) mengatakan, kebutuhan oksigen khususnya untuk medis penanganan kasus virus Corona di rumah sakit rujukan sangat tinggi. Perhitungan seperti di RSUD Ir Soekarno Sukoharjo di mana kebutuhan harian mencapai 2.500 meter kubik per hari. Sedangkan di Kabupaten Sukoharjo total ada 10 rumah sakit rujukan untuk menangani kasus virus Corona.

“Kondisinya oksigen masih ada tapi jumlahnya yang tersedia memang sangat terbatas. Kebutuhan medis untuk menangani kasus virus Corona menjadi prioritas untuk dipenuhi,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI