Kebutuhan Sapi Kurban Di Sukoharjo 5 Ribu Ekor

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Sebanyak 5 ribu ekor sapi setiap tahun digunakan sebagai hewan kurban saat Idul Adha di Kabupaten Sukoharjo. Kebutuhan yang besar membuat Dinas Pertanian (Dispertan) Sukoharjo melakukan pengawasan ekstra demi jaminan layak sembelih dan konsumsi.

Kepala Dispertan Sukoharjo Netty Harjianti, Rabu (24/08/2016) mengatakan, jumlah 5 ribu ekor sapi tersebut merupakan angka rata rata kebutuhan hewan kurban saat Idul Adha. Angkanya bisa berubah baik naik maupun turun disesuaikan dengan kondisi di masyarakat sehingga diperlukan pengawasan ekstra dari petugas. Pemeriksaan dilakukan langsung ke peternak, penyedia jasa penjualan hewan kurban maupun pedagang di pasar sapi.

“Populasi ternak sapi di Kabupaten Sukoharjo lebih dari 28 ribu ekor tersebar disejumlah wilayah. Dari jumlah tersebut rata rata 5 ribu ekor sapi disembelih saat Idul Adha,” ujar Netty.

Dia menjelaskan setelah Idul Adha para peternak sapi mengejar pengembangbiakan agar ada penambahan populasi sapi yang dipelihara. Dampaknya akan memberikan keuntungan berlebih bagi peternak.

"Sapi yang boleh disembelih hanya jantan. Kalaupun ada betina disembelih itu dengan catatan dan syarat khusus. Sebab sapi betina memang sangat dilarang disembelih agar populasi tidak terhenti,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI