Kecamatan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi Butuh Tambahan Sekolah

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sejumlah kecamatan dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi seperti Kecamatan Grogol, Baki, Gatak dan Kartasura memerlukan tambahan sekolah baru tingkat SMP, SMA dan SMK Negeri. Sebab masih banyak anak usia sekolah di wilayah tersebut mengalami kesulitan mendapatkan sekolah pada tahun ajaran baru saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) digelar. Masalah semakin bertambah setelah kursi yang disediakan juga diperebutkan dengan calon siswa baru dari luar daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo Darno, Rabu (23/6/2021) mengatakan, Disdikbud Sukoharjo sejak dua hingga tiga tahun terakhir melihat fenomena perlu adanya penambahan sekolah baru tingkat SMP, SMA dan SMK Negeri. Hal tersebut terlihat di wilayah Kecamatan Grogol, Baki, Gatak dan Kartasura. Sebab di empat kecamatan tersebut tingkat perebutan kursi saat PPDB tahun ajaran baru paling ketat dibanding kecamatan lain.

Kebutuhan penambahan sekolah baru dianggap Disdikbud Sukoharjo sudah perlu segera direalisasikan. Meski demikian masih butuh persiapan matang untuk merealisasikan. Kendala dihadapi berkaitan dengan kewenangan penambahan sekolah, kebutuhan anggaran pembangunan, penyediaan tanah dan pengisian sumber daya manusia di sekolah khususnya tenaga pendidik.

“Sebaran pembangunan sekolah yang ada sekarang merupakan perencanaan jaman dulu. Disdikbud Sukoharjo sekarang dihadapkan pada kondisi perlu menambah sekolah baru di kecamatan dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi. Sebab disana ada anak usia sekolah yang perlu difasilitasi mendapatkan tempat pendidikan di sekolah negeri. Wilayah tersebut seperti di Kecamatan Grogol, Baki, Gatak, dan Kartasura,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI