Kecamatan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi Butuh Tambahan Sekolah

Darno menjelaskan, seperti di Kecamatan Baki disana hanya ada dua SMP negeri yakni SMPN 1 Baki dan SMPN 2 Baki. Selain itu hanya ada satu SMK yakni SMKN 4 Sukoharjo. Sedangkan untuk SMA di wilayah Kecamatan Baki sama sekali belum ada. Anak usia sekolah disana terpaksa harus bersekolah dengan jarak jauh ke wilayah Kecamatan Kartasura karena sudah memiliki dua SMA yakni SMAN 1 Kartasura dan SMAN 2 Kartasura. Sedangkan di wilayah terdekat di Kecamatan Gatak dan Grogol sama sekali belum memiliki SMA.

Disdikbud Sukoharjo menilai untuk dua SMP saja sekarang masih kurang. Sebab idealnya ada tiga SMP dalam satu kecamatan dengan tingkat penduduk tinggi. “Khusus untuk SMA kami dari Disdikbud Sukoharjo sudah berkoordinasi dengan Disdikbud Provinsi Jawa Tengah. Sebab SMA merupakan kewenangan provinsi. Dari pihak provinsi sudah datang dan mengecek sendiri tingkat kebutuhan,” lanjutnya.

Dari koordinasi dengan Disdikbud Provinsi Jawa Tengah, Darno menjelaskan ada beberapa persiapan akan dilakukan. Namun kondisinya mendapat kendala untuk pelaksanaan mengingat penambahan SMA menjadi kewenangan provinsi. “Dimana SMA baru itu akan dibangun maka perlu tanah. Apakah provinsi punya tanah di Kabupaten Sukoharjo. Padahal aset sepenuhnya milik Pemkab Sukoharjo. Belum lagi soal anggaran dan nanti apabila jadi dibangun perlu disiapkan tenaga pendidiknya. Persiapan masih panjang,” lanjutnya.

Ketua DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi mengatakan, pendidikan sekolah dihadapkan pada situasi dimana wilayah dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi setelah muncul pemukiman atau perumahan baru membutuhkan tambahan sekolah. Hal itu perlu agar anak usia sekolah asal Kabupaten Sukoharjo tetap bisa dan mendapatkan prioritas sekolah di daerahnya sendiri. Sebab kondisi sekarang banyak anak usia sekolah di wilayah dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi mengalami kesulitan dan terpaksa sekolah ke luar daerah seperti ke Kota Solo, Kabupaten Klaten dan Kabupaten Karanganyar.

“Di Kecamatan Baki belum ada SMA negeri. Hal sama juga di Kecamatan Grogol dan Gatak. Di Kecamatan Kartasura sudah ada dua SMA Negeri tapi tetap belum mampu menampung semua anak usia sekolah asal Kabupaten Sukoharjo. Masalah juga terjadi pada SMK dan SMP. Rencana penambahan sudah dipikirkan Disdikbud Sukoharjo sesuai dengan kewenangan sekolah sebab SMA dan SMK ditangani provinsi,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI