Kecamatan Weru Belum Teraliri PDAM Sukoharjo

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Wilayah di Kecamatan Weru hingga sekarang belum teraliri air bersih dari sambungan PDAM Sukoharjo sehinggasudah terbiasa menggunakan air sumur dan mengandalkan bantuan kiriman saat mengalami kekeringan akibat kemarau panjang. 

Kabag Administrasi dan Keuangan PDAM Sukoharjo Retno Wardhani, Minggu (9/12) mengatakan, dari 12 kecamatan di Kabupaten Sukoharjo tinggal Kecamatan Weru yang belum ada sambungan atau instalasi air bersih dari PDAM Sukoharjo. Kondisi tersebut menyebabkan pelayanan kepada masyarakat disana masih nol persen. Meski begitu PDAM Sukoharjo selalu berkontribusi bagi warga disana dengan mengirimkan bantuan air bersih saat kemarau panjang. 

Dia menjelaskan kondisi itu karena sulitnya medan sana yang berupa perbukitan dan berbatuan. Selain itu juga karena sulitnya dan mahalnya biaya mencari sumber air bersih. Tidak kalah penting disebabkan karekateristik warga di wilayah Kecamatan Weru yang masih mengandalkan air bersih dari sumur. 

“Kecamatan Weru sama sekali belum ada sambungan pipa PDAM dan terdekat disana di Kecamatan Bulu sudah ada tapi belum maksimal. Sedangkan 10 kecamatan lain sudah maksimal karena banyak warga atau pelanggan air bersih PDAM Sukoharjo,” ujarnya. 

PDAM Sukoharjo kedepan tetap berusaha melakukan pelayanan air bersih bagi warga dengan penyediaan pipa sambungan. Salah satunya dengan berencana mengambil atau mengalirkan air dari sumber mata air di wilayah Kecamatan Bulu. 

“Di Kecamatan Bulu disana sudah ada sumber mata air tapi pelanggan PDAM hanya sekitar 60 KK. Memang sedikit sebab karakteristik di Kecamatan Bulu hampir sama di Kecamatan Weru mengandalkan air dari sumur. Mungkin sumber mata air di Bulu bisa dialirkan sampai ke Weru untuk pelayanan pada warga,” lanjutnya. 

Di wilayah bagian selatan Sukoharjo selain Kecamatan Weru dan Bulu masih ada Kecamatan Tawangsari. Di Tawangsari meski ada di wilayah perbukitan namun warga sudah terlayani pipa sambungan dengan teraliri air bersih dari PDAM. (Mam)

BERITA REKOMENDASI