Kejari Purworejo Musnahkan Ratusan ‘Barbuk’ Pidana

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Purworejo memusnahkan ratusan barang bukti (barbuk) tindak pidana yang terjadi di wilayahnya, Rabu (18/9). Pemusnahan dilakukan setelah kasus yang menjerat para pelakunya memiliki kekuatan hukum tetap.

Barang bukti yang dimusnahkan antara lain berbentuk narkotika jenis shabu dan alat hisap. Barbuk itu berasal dari sebelas terpidana penyalahgunaan narkotika yang diamankan pada berbagai operasi.

Kejari Purworejo juga memusnahkan 200 botol minuman keras berbagai jenis yang disita Satpol PP Purworejo dari sejumlah penjual. "Untuk tindak pidana ringan (tipiring) miras, sudah disidangkan dan para pelakunya dihukum," ujar Kepala Kejari Purworejo Alex Rahman SH MH, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com.

Selain itu, puluhan barang bukti yang dimusnahkan adalah senjata tajam, pakaian dan perkakas lain untuk kasus pencurian, perjudian, perkosaan dan pemerasan. Barang bukti merupakan hasil penyidikan dari 34 kasus yang terjadi sepanjang Januari – September 2019.

Sesuai aturan, kata Alex, barang bukti harus dimusnahkan setelah perkara selesai disidangkan dan berkekuatan hukum. "Setahun kami melakukan dua kali program pemusnahan barang bukti," tuturnya.

Pemusnahan minuman keras dilakukan dengan menggilas menggunakan mesin 'stoomwals'. Sementara narkoba dan barang bukti nonlogam dibakar, sedangkan senjata tajam dipotong menggunakan gerindra.

Pemusnahan dihadiri Ketua Pengadilan Negeri (PN) Purworejo Sutarno SH MHum, Kasat Narkoba Pulres Purworejo AKP Suwasana dan Kasat Lantas Polres Purworejo AKP Nyi Ayu Fitria, serta pejabat di lingkungan Pemkab

 

BERITA REKOMENDASI