Kejurnas PRSH Cup 2016, Ajang Mencari Bibit Atlet Pencak Silat

Editor: KRjogja/Gus

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Ratusan atlet pencak silat dari Indonesia akan unjuk keterampilan dalam kejuaraan nasional pencak silat Persaudaraan Rumpun Setia Hati (PRSH) Cup di Karanggede, Boyolali, 20-22 Desember mendatang. Kejuaraan ini dimaksudkan untuk menjaring atlet potensial yang akan diarahkan untuk meraih prestasi maksimal di ajang pencak silat serta seni bela diri secara umum.

‎Ketua Panitia Kejuaraan, Arrohman menjelaskan, untuk kejuaraan nanti, ada 350 atlet dari berbagai wilayah Indonesia serta atlet dari Belanda yang akan unjuk gigi. Ada empat kelas dan kategori yang akan dipertandingkan, yakni Pra-remaja, Remaja, Dewasa, dan Pendekar, yang akan bertanding di kelas Seni Tunggal, Seni Ganda, Jurus Bungkus, dan Fighter.

"Sebelumnya PRSH Cup hanya di tingkat daerah saja. Ini kali pertama menggelar kejuaraan skala nasional. Bahkan ada atlet dari Belanda yang akan ikut turun dalam kejuaraan," katanya, Senin (16/12).

Kejuaraan ini, lanjutnya, digelar untuk menjaring bibit unggul yang akan diarahkan untuk berprestasi semaksimal mungkin, sekaligus menjaga regenerasi atlet pencak silat.
"Harapannya atlet yang berpotensi bisa diarahkan untuk berprestasi membawa nama harum wilayah serta pencak silat itu sendiri. Ajang ini juga menjadi media silaturahmi pegiat pencak silat serta pegiat seni bela diri lain secara umum,"

Selain dari PRSH yang menjadi wadah, kejuaraan ini juga didukung oleh perguruan bela diri Lindu Aji, yang selama ini banyak mewadahi atlet bela diri untuk bertanding di ajang tarung bebas atau MMA. Pengurus Lindu Aji Boyolali, Harnowo mengatakan, pihaknya memberikan dukungan, baik secara moral dan teknis, dalam PRSH Cup, agar kejuaraan berlangsung lancar. Pihaknya juga ikut memantau atlet pencak silat potensial yang bila memungkinkan bisa berprestasi di ajang tarung bebas, bidang bela diri yang selama ini ditekuni Lindu Aji.
"Kita dukung karena kita punya semangat yang sama, yakni memajukan seni bela diri agar bisa lebih berprestasi lagi," tandasnya. (Gal)

 

BERITA REKOMENDASI