Kekurangan Armada, Penambahan Truk Sampah Mendesak

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Penambahan jumlah truk pengangkut sampah mendesak untuk dilakukan Pemkab Sukoharjo. Sebab sekarang hanya memiliki 13 unit dari total kebutuhan ideal 25 unit truk pengangkut sampah. Kekurangan berdampak pada proses pengangkutan sampah dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Mojorejo, Bendosari menjadi lebih lama.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo Djoko Sutarto, Minggu (17/9/2017) mengatakan, kekurangan truk pengangkut sampah sudah terjadi sejak lama. Total DLH Sukoharjo sekarang memiliki 18 unit truk pengangkut sampai. Dari jumlah tersebut lima unit diantaranya rusak dan tidak bisa dipakai. Sisanya 13 unit yang digunakan untuk mengangkut sampah.

Jumlah 13 unit sangat kurang karena kebutuhan ideal sebanyak 25 unit truk pengakut sampah. Kekurangan sebanyak 12 unit truk sampah diharapkan bisa segera direalisasikan.
Pemenuhan kekurangan kebutuhan truk pengangkut sampah dikatakan Djoko Sutarto tidak harus seketika. Pemkab Sukoharjo bisa melakukannya secara bertahap. Sebab butuh biaya besar untuk membeli truk pengangkut sampah.

“Pengadaan sangat mendesak untuk memenuhi kekurangan truk pengangkut sampah. Kami harap bisa secepatnya direalisasikan,” ujar Djoko Sutarto.

Dampak yang terjadi akibat kekurangan truk pengangkut sampah yakni proses pengangkutan dari TPS ke TPA. Sebab truk yang dimiliki terbatas, sedangkan tempat dan volume sampah sangat banyak. Karena itu, DLH Sukoharjo melakukan penjadwalan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

“Truk pengangkut sampah hanya ada 18 unit, lima diantaranya rusak dan yang terpakai hanya 13 unit. Sedangkan jumlah TPS di Sukoharjo ada 100 titik. Jelas tidak sebanding antara TPS dengan truk pengangkutnya,” lanjutnya. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI