Keluar Rumah Tanpa Masker, Siap-siap KTP Ditahan

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Klaten akan menerapkan sanksi tegas bagi masyarakat yang tidak mengenakan masker saat keluar rumah. Yakni dengan menahan KTP mereka yang bandel tidak bermasker saat keluar rumah tersebut.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, yang juga Ketua Gugas PP Covid 19 Klaten mengemukkan, kebijakan tersebut ditempuh mengingat beberapa hari terakhir ada peningkatan cukup tajam kasus terinfeksi covid 19 di Kabupaten Klaten.

“Bukan saatnya lagi Tim Gugus Tugas dan relawan bagi-bagi masker. Masa empat bulan sudah cukup untuk sosialisasi. Saatnya menyadarkan masyarakat dengan sanksi yang tegas, agar masyarakat patuh protokol pencegahan Covid-19. Sanksi KTP yang ditahan seperti usulan dari aparat keamanan TNI/Polri itu bisa dilakukan di titik-titik kerumunan warga,” kata Bupati, Rabu (24/06/2020).

Sesuai hasil Rakor Gusgas PP Covid 19 Kabupaten Klaten yang ditindaklanjuti dengan rapat Pusdalops Gusgas, bahwa masyarakat yang tidak memakai masker saat di luar rumah, akan diberikan sanksi. Yakni, KTP akan diamankan oleh petugas dan setelah masker dipakai maka KTP akan dikembalikan (akan diberi blanko pengamanan KTP rangkap dua. Untuk yang bersangkutan dan petugas).

Bagi siswa yang belum memiliki KTP, akan dicatat identitas dan sekolahnya, kemudian data tersebut akan diserahkan kepada sekolah yang bersangkutan dan dicatat sebagai skor pelanggaran. Penerapan sanksi tersebut efektif dimulai tanggal 1 Juli 2020, sedangkan mulai saat ini sampai dengan 30 Juni 2020 akan dilakukan sosialisasi tentang penerapan sanksi tersebut.

Masyarakat diminta tetap waspada dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar jumlah penderita Covid-19 menurun. Dengan penerapan sanksi, masyarakat diharapkan bisa lebih sadar akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan, khususnya penggunaan  masker saat keluar rumah, selalu jaga jarak dan cuci tangan.

Dua minggu terakhir di bulan Juni 2020, penambahan kasus covid 19 di Klaten menunjukan grafik peningkatan signifikan. Data dari laman awasicorona.klatenkab.go.id per Rabu, 24 Juni 2020, jumlah kumulatif positif Covid 19 tercatat ada 56 kasus.  Sebanyak 29 pasien masih dirawat di rumah sakit, 25 pasien dinyatakan sembuh dan 2 pasien dinyatakan meninggal dunia. (Sit)

BERITA REKOMENDASI