Kemenag Sukoharjo Catat 382 Calon Jemaah Haji Lolos Syarat Pemberangkatan

Editor: Ary B Prass

Kemenag Sukoharjo meminta kepada semua calon jemaah haji selama menunggu pemberangkatan tetap menjaga kondisi kesehatan dengan baik. Sebab selama menjalankan ibadah haji nanti kondisi cuaca di Arab Saudi sangat berbeda dengan daerah asal.

Seleksi ketat yang dilakukan Kemenag Sukoharjo terhadap calon jemaah haji sudah sesuai sistem dari Kemenag pusat. Calon jemaah haji diatas usia 65 tahun ditunda keberangkatannya meskipun masuk daftar berangkat tahun ini.

“Ada sebanyak 382 orang siap diberangkatkan. Rinciannya 381 orang calon jemaah haji dan 1 orang TPHD,” ujarnya.

Sukamdi menambahkan, calon jemaah haji yang berangkat pada tahun 2022 ini sudah melalui seleksi pemeriksaan kesehatan dan administrasi pelunasan biaya haji. Termasuk kulit tambahan mulai dari cadangan bagi calon yang tertunda karena suatu hal dan TPHD.

Kemenag Sukoharjo mencatat jumlah calon jemaah haji Kabupaten Sukoharjo yang sudah lunas sejak tahun 2020 sebanyak 840 orang lebih. Calon jemaah haji tersebut seharusnya sudah diberangkatkan namun karena pandemi virus Corona selama dua tahun mengakibatkan menjadi tertunda.

“Tahun 2022 kembali dilaksanakan pemberangkatan ibadah haji setelah sebelumnya tertunda karena pandemi virus Corona dua tahun,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI