Kenalkan Produk Unggulan, Boyolali Luncurkan E-commerce

Editor: Ivan Aditya

BOYOLALI (KRjogja.com) – Untuk memasarkan berbagai produk unggulan Boyolali dari berbagai sektor seperti pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan UMKM, Pemkab Boyolali luncurkan e-commerce yang memungkinkan produsen dan konsumen untuk melakukan transaksi online atau transaksi dengan menggunakan jaringan komputer dan internet.

Dalam peluncuran program e-commerce, Kamis (01/12/2016), Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Boyolali, Agus Partono menjelaskan, aplikasi berbasis teknologi informasi tersebut nantinya akan memuat berbagai produk unggulan sehingga bisa lebih dikenal masyarakat luas. Situs tersebut juga memuat ketersediaan stok komoditas harga komoditas yang dipasarkan, mulai dari harga di tingkat produsen, pengepul, hingga pasar. ‎Karena seluruh data terintegrasi dalam sistem, maka pemantauan untuk pengendalian komoditas bisa dimonitor secara detail dan up to date. "Selain komoditas unggulan, situs ini juga mencakup informasi tentang harga kebutuhan pokok di pasar tradisional di Boyolali," kata Agus.

Situs ini juga memungkinkan untuk transaksi online antara produsen dan konsumen. Nantinya, sambung Agus, ‎produsen bisa membuat akun untuk transaksi online dan berkomunisasi langsung dengan pedagang. Sementara peran pemerintah dalam hal ini adalah melakukan verifikasi kualitas serta ketersidian produk, sehingga transaksi online lebih terjamin keamanannya.

Bupati Boyolali, Seno Samodro mengatakan, pihaknya sudah punya ide program ini sejak tiga tahun lalu, namun baru tahun ini terealisasi tahun ini melihat ketersediaan anggaran. Peluncuran program ini pun mendapat apresiasi dari Kemendag, sebab pemerintah pusat baru akan merealisasikan program serupa tahun depan.

Di sisi lain dalam upaya mendukung peningkatan transaksi ekonomi di Boyolali, pihaknya juga sedang melakukan pembenahan berbagai pasar tradisional di Boyolali. Dua pasar tradisional yang menjadi fokus pembenahan, sebut Bupati, yakni Pasar Pengging di Kecamatan Banyudono, dan Pasar Cepogo di Kecamatan Cepogo. ‎(R-11)

BERITA REKOMENDASI