Kendaraan Pemudik Mulai Padati Sukoharjo

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Arus lalu lintas kendaraan disejumlah wilayah di Sukoharjo mulai mengalami peningkatan, Senin (23/12/2019). Kepadatan dimungkinkan terjadi saat puncak mudik Natal pada Selasa (24/12/2019). Dibeberapa titik bahkan sempat terjadi kamacetan karena penumpukan kendaraan dari luar daerah. Petugas dari tim gabungan diterjunkan untuk membantu melakukan pengaturan lalu lintas.

Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Marwanto, Senin (23/12/2019) mengatakan, peningkatan arus lalu lintas kendaraan dalam menghadapi arus mudik libur Natal mulai terjadi sejak Jumat (20/12/2019) malam dan terus mengalami peningkatan hingga Senin (23/12/2019) pagi. Titik kepadatan tersebut seperti di Jalan A Yani Kartasura mulai dari simpang empat Kartasura hingga bundaran tugu Kartasura.

Hal serupa juga terjadi di Jalan Slamet Riyadi Kartasura. Kepadatan kendaraan juga terlihat di simpang tiga Kadilangu, Baki dan di wilayah Solo Baru, Grogol. Peningkatan arus lalu lintas terjadi karena banyaknya kendaraan pemudik dari luar daerah mulai masuk ke Sukoharjo.

Selain itu juga disebabkan adanya peningkatan aktifitas masyarakat lokal Sukoharjo sengaja keluar rumah karena bersamaan dengan musim libur sekolah. Satlantas Polres Sukoharjo sudah melakukan penanganan mengurai kepadatan arus lalu lintas dengan menempatkan petugas di lapangan.

Pengaturan lalu lintas juga dilakukan Satlantas Polres Sukoharjo dengan melibatkan petugas dari tim gabungan seperti Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo dan instansi terlain lain. Hal itu dimaksudkan agar tidak terjadi masalah kemacetan panjang.

"Wilayah Kartasura menjadi titik paling terlihat dampak kemacetan panjang pada arus mudik perayaan Natal. Kepadatan kendaraan yang keluar masuk tersebut sudah terlihat sekarang," ujarnya.

Satlantas Polres Sukoharjo juga akan melakukan pengaturan lalu lintas kendaraan dibeberapa titik jalan yang berdekatan atau ada disekitar gereja. Hal itu sebagai antisipasi terjadinya masalah kemacetan panjang akibat digunakannya badan jalan sebagai tempat parkir alternatif kendaraan. Petugas sudah memetakan jalan mana saja yang berdekatan dengan gereja tersebut.

Sementara itu, Satlantas Polres Sukoharjo sudah melakukan pemetaan rawan kemacetan kendaraan dalam menghadapi perayaan Nataru. Titik kerawanan masih sama seperti saat pengamanan tahun sebelumnya. Petugas memetakan ada tiga titik paling rawan macet karena menjadi pertemuan kendaraan dari semua wilayah.

Ketiga titik tersebut yakni, simpang tiga bundaran tugu Kartasura, simpang empat budaran patung pandawa Solo Baru, Grogol, dan simpang lima bundaran tugu Adipura Sukoharjo Kota. Titik tersebut sama seperti saat arus mudik dan balik Lebaran maupun Nataru tahun sebelumnya.

Kepala Dishub Sukoharjo Joko Indriyanto mengatakan, kepadatan kendaraan pemudik sudah terlihat didominasi di wilayah perbatasan seperti di Kadilangu, Baki, bundaran tugu Kartasura, simpang tiga Bekonang, Mojolaban dan simpang tiga songgorungi, Nguter. Namun titik paling padat terjadi di bundaran tugu Kartasura dimana kendaraan banyak yang keluar masuk sejak Minggu (22/12/2019) hingga Senin (23/12/2019). (Mam)

BERITA REKOMENDASI