Kepala BNPB Ingatkan Tidak Ada Orang Kebal Covid 19

Editor: Agus Sigit

KLATEN, KRjogja.com – Kepala Satgas Penanganan Covid 19 Nasional, yang juga Kepala BNPB Letjen. TNI Ganip Warsito, mengingatkan bahwa tak ada satu orangpun yang kebal terhadap Covid 19. Untuk itu, wajib mematuhi protokol kesehatan, utamanya memakai masker. Selain itu juga perlu vaksinasi dan mematuhi PPKM.

Hal itu dikemukakan, Kepala BNPB di sela memantau tempat isolasi terpusat, di GOR Gelarsena, Klaten, Rabu (28/7/21). Kepala BNPB memberikan apresiasai atas dedikasi dan jerih payah yang dilakukan TNI-Polri, tenaga kesehtan, sehingga dengan adanya pandemi yang melonjak pada bulan Mei lalu hingga saat ini, perlahan sudah bisa ditekan laju penularanya.

Namun, tercatat untuk wilayah Jawa Tengah, khususnya Solo Raya,dan Yogya masih menunjukkan angka kematian yang cukup tinggi. Hal ini menjadi bahan evaluasi. Dari analisis data yang masuk, dilakukan perbaikan baik dalam hal penanganan di hulu hingga di hilir.

Antara penanganan hulu dan hilir harus kolaboratif, menjadi satu rangkaian yang terintegrasi dengan baik. Hulu menjadi garda terdepan, yakni yang dilakukan oleh Posko PPKM tingkat desa dan kelurahan. Posko ini melaksanakan empat fungsi, meliputi fungsi pencegahan, pembinaan, penanganan dan fungsi dukungan.

“Saya tadi melihat salah satu desa kita, empat fungsi ini sudah dilaksanakan dengan sangat baik. Saya katakan sangat baik, karena di desa tersebut, puncak tertinggi ketika itu 200 kasus, setelah dilakukan penanganan kasus menurun, sehingga hari ini menjadi sekitar 16 kasus. Kemudian PPKM mikro itu juga sudah melaksanakan fungsi edukasi, sosialiasi dan penegakan protokol kesehatan 3 M. Untuk kepentingan ini, Satgas juga mensuport paket untuk dibagikan pada masyarakat yang rentan. Yakni masker, sabun dan vitamin,” kata kepala BNPB.

BERITA REKOMENDASI