Keren.. 2000 Pelajar Meriahkan Festival Ketoprak

KLATEN, KRJOGJA.com – Festival ketoprak pelajar (FKP) tahun 2018 meluas ke tingkat propinsi Jawa Tengah. Tidak lagi terbatas peserta dari Kabupaten Klaten, melainkan juga diikuti sekolah dari beberapa kabupaten lain seperti Boyolali, Karanganyar dan juga Sukoharjo. FKP tahun ini merupakan event ke – 9 yang diselenggarakan oleh Amigo Grup bersinergi dengan Omah Wayang dan diva ketoprak asal Yogyakarta, Bondan Nusantara. Akan digelar selama 10 hari mulai Jumat 7 September, di aula SD Kristen 3 Klaten.

Owner Amigo Grup, Edy Sulistyanto yang juga pendiri FKP mengemukakan, Jika selama delapan tahun event FKP hanya untuk lingkup Kabupaten Klaten, maka tahun ini sudah digelar di tingkat propinsi. Jumlah peserta tahun ini mencapai 58 grup/sekolah, yang melibatkan 2.030 pelajar dari sejumlah kabupaten di Jawa Tengah. Untuk peserta tingkat SMK/SMA akan memperebutkan piala Gubernur Jawa Tengah. Sedangkan peserta tingkat SD dan SMP masih memperebutkan piala Bupati Klaten.

Durasi waktu penyelenggaraan lebih lama dibanding tahun lalu yang hanya selama sepekan. Penambahan waktu menjadi 10 hari, dikarenakan antusias sekolah untuk mengikuti FKP semakin tinggi, sehingga jumlah peserta membludag. Mernurut rencana, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga akan menghadiri event yang digelar di aula SD Kristen 3 tersebut.

Lebih lanjut Edy Sulistyanto menjelaskan, ia tak ingin menyuguhkan rutinitas festival tahunan, melainkan ingin benar-benar terus meningkatkan kualitas sajian. Jika warga datang menonton, benar-benar karena mereka terhibur dan menikmati tontonan yang berkualitas.

Pendiri Omah Wayang, Kristian Apriyanta mengemukakan, dari 58 grup peserta terdiri tingkat SMA 11 grup, SMK 16 grup, SMP 16 grup, dan SD 15 grup. Setiap grup rata-rata memabwa 50 hingga 100 pemain.

Untuk tingkat SMA/SMK terdapat 52 kategori kejuaraan, sedangkan untuk tingkat SD dan SMP 31 kategori kejuaraan. Dalam event FKP, juga dilakukan penilaian secara terpisah untuk penata iringan terbaik.

Selain itu juga akan diberikan penghargaan bagi tokoh yang memiliki dedikasi tinggi dalam pelestarian seni ketoprak.(Sit)

BERITA REKOMENDASI