Kerja ASN Setiap Hari Harus Dilaporkan

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pengawasan terhadap kinerja aparatur sipil negara (ASN) akan semakin diperketat. Hal itu dilakukan Pemkab Sukoharjo menyusul turunnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kerja para ASN akan dilihat dan dilaporkan setiap hari. Dengan demikian maka akan diketahui mana ASN yang rajin dan malas kerja.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Minggu (2/6) mengatakan, dalam PP terbaru tersebut sudah dijelaskan mengenai aturan ketat terhadap ASN. Sebab ada beberapa poin yang dipakai sebagai ketentuan mengukur kinerja ASN. Poin tersebut tidak hanya menyangkut ketertiban absen ASN setiap hari menggunakan finger print atau absen elektronik sidik jari saja, melainkan juga tentang pekerjaan setiap hari.

Pemkab Sukoharjo terkait adanya aturan baru dari pemerintah pusat tersebut langsung menindaklanjutinya. Bentuknya yakni dengan melakukan pembahasan mengenai kesiapan penerapan aturan di lingkungan Pemkab Sukoharjo.

Pembahasan kesiapan tersebut berkaitan dengan metode yang akan diterapkan Pemkab Sukoharjo terhadap para ASN. Sebab setiap ASN nanti akan ada yang menilai terkait kinerjanya.

"Apa yang dikerjakan ASN setiap hari harus jelas dilaporkan. Bisa saja setiap ASN memiliki cek list kerja dan hasilnya dilaporkan setiap hari. Dengan demikian maka kinerja ASN menjadi lebih jelas dan terpantau," ujarnya.

Dalam pelaksanaannya nanti Pemkab Sukoharjo juga akan menerapkan pemberian sanksi dan penghargaan terhadap ASN. Artinya ASN yang melanggar aturan dan kerjanya tidak sesuai dengan PP terbaru dari pemerintah pusat maka akan mendapatkan hukuman salah satunya berupa pengurangan tunjangan. "Posisi sekarang sedang dalam tahap persiapan termasuk juga nanti dilaksanakan sosialisasi kepada semua ASN," lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI