Keropos, Pipa Air dari Bak Klangon ke Klaten Mendesak Diganti

Editor: Ary B Prass

 

KLATEN, KRJOGJA.com – Pipa air sepanjang 1,5 km yang mengalirkan air bersih Bebeng, dari bak penampungan/pembagi di Dukuh Klangon, Kelurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Sleman, Yogyakarta menuju tiga desa di Kemalang, Klaten, perlu peremajaan. Pipa air tersebut sudah berusia 43 tahun, dipasang sejak 1978, merupakan bantuan dari LSM Dian Desa. Saat ini kondisi pipa sudah keropos dan tersumbat, sehingga tidak bisa mengalirkan air bersih secara maksimal.

Bendahara Guyub Bebeng, Jainu yang juga perangkat Desa Balerante, Minggu (7/11/2021) mengemukakan, pipa tersebut memang melintasi wilayah Kabupaten Sleman, namun untuk kepentingan warga di tiga desa, wilayah Kecamatan Kemalang, Klaten.  Yakni Desa Balerante, Sidorejo dan Desa Panggang, Kecamatan Kemalang.

Selain perlu peremajaan, pipa tersebut juga perlu ditingkatkan dari 4 dim menjadi 6 dim, agar jatah air ke desa-desa di Kemalang, Klaten bisa terserap semua.

“Pipa induk sepanjang kurang lebih 1,5 km itu dipasang sejak tahun 1978 dan sampai sekarang belum pernah ganti. Kami berharap Pemkab Klaten bisa memfasilitasi  penggantian pipa, sehingga air dari Bebeng untuk tiga desa di Klaten bisa terserap maksimal,” kata Jainu.

 

BERITA REKOMENDASI