Kerumunan Massa Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Dilarang

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo melarang masyarakat menggelar kegiatan bersifat mengumpulkan kerumunan massa dalam kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Larangan berlaku seperti lomba dan malam tirakatan. Kebijakan diambil karena kondisi pandemi virus corona. Disamping itu masih tingginya kasus positif virus corona di Sukoharjo.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Widodo, Jumat (7/8) mengatakan, Pemkab Sukoharjo sudah mengeluarkan surat edaran terkait kebijakan larangan kegiatan mengumpulkan massa dalam kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Surat edaran tersebut dipastikan sudah diterima camat dan diteruskan ke kepala desa dan lurah untuk disampaikan ke warga melakui RT/RW. Surat tersebut dijadikan pegangan agar masyarakat tidak memaksakan diri menggelar kegiatan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia bersifat kerumunan massa.

Dalam surat edaran tersebut Pemkab Sukoharjo menjelaskan berkaitan larangan menggelar kegiatan seperti lomba, malam tirakatan dan lainnya bersifat mengumpulkan kerumunan massa dalam peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Larangan diberlakukan menyesuaikan kondisi sekarang masih pandemi virus corona.

Angka kasus akumulasi positif virus corona di Sukoharjo yang terus meningkat menjadi alasan utama. Apabila dipaksakan kegiatan digelar maka dikhawatirkan bisa terjadi penambahan kasus positif virus corona lagi.

BERITA REKOMENDASI