Kerusakan Underpass Makamhaji Semakin Parah

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo meminta pada masyarakat bersabar dan pemerintah pusat merealisasikan perbaikan underpass Makamhaji di Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura. Kondisi kerusakan underpass semakin parah dan banyak kejadian kecelakaan lalu lintas. Perbaikan diharapkan dapat dilaksanakan secepatnya mengingat kerusakan terjadi merupakan bagian dari pengalihan arus kendaraan selama proyek flyover Purwosari, Kota Solo yang sekarang sudah selesai dan telah digunakan.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo Toni Sri Buntoro, Sabtu (27/02/2021) mengatakan desakan dari warga khususnya yang tinggal disekitar underpass, Makamhaji, Kartasura dan umumnya masyarakat pengguna jalan terkait tuntutan perbaikan semakin menguat. Keluhan bahkan semakin banyak datang ke Dishub Sukoharjo dan disampaikan langsung ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Keluhan dan tuntutan dari warga masyarakat kami terima dan diteruskan ke pemerintah pusat. Sebab underpass Makamhaji, Kartasura merupakan kewenangan pemerintah pusat untuk memperbaiki. Jadi kami minta pemerintah pusat segera merealisasikan perbaikan mengingat kerusakan sudah semakin parah dan masyarakat sudah terlanjur mengetahui ada rencana perbaikan,” ujarnya.

Toni menjelaskan, dari keluhan yang masuk warga disekitar underpass Makamhaji, Kartasura juga menyampaikan ke Dishub Sukoharjo kerusakan terjadi salah satunya karena ada pengalihan arus lalu lintas kendaraan selama proyek flyover Purwosari, Kota Solo. Selama sekitar satu tahun kendaraan dari Kartasura, Sukoharjo ke Kota Solo atau sebaliknya tidak bisa melintasi Purwosari, Kota Solo namun dialihkan melalui underpass Makamhaji, Kartasura.

“Dampak pengalihan arus lalu lintas kendaraan selama proyek flyover Purwosari, Kota Solo juga berdampak pada kerusakan jalan di depan Lapangan Makamhaji, Kartasura dan sudah kami koordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo ternyata perbaikan jadi kewenangan Pemkot Solo,” lanjutnya.

Terkait kerusakan jalan tersebut, Dishub Sukoharjo meminta pada Pemkot Solo segera melakukan perbaikan. Sebab posisi jalan berada di wilayah perbatasan Kota Solo dengan Kabupaten Sukoharjo.

“Orang tahunya itu jalan milik Sukoharjo padahal kewenangan Kota Solo. Jadi kami minta tahun 2021 ini sudah ada kejelasan perbaikan jalan dan termasuk underpass juga diperbaiki,” lanjutnya.

Camat Kartasura Suyadi Widodo mengatakan, ada dua infrastruktur di wilayah Kecamatan Kartasura rusak parah dan bukan jadi kewenangan Pemkab Sukoharjo. Perbaikan jadi kewenangan pemerintah pusat dan Pemkot Solo. Diharapkan masing masing pihak dengan kesadaran sendiri melakukan perbaikan. Sebab sudah banyak keluhan datang dari masyarakat selama lebih dari dua hingga tiga tahun lalu sampai sekarang.

“Underpass dan jalan depan lapangan Desa Makamhaji, Kartasura atau dekat simpang tiga tugu lilin berada di wilayah Kecamatan Kartasura, orang tahunya itu kewenangan Pemkab Sukoharjo padahal tidak. Kami minta kerusakan segera diperbaiki,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI