Ketahanan Pangan, Sukoharjo Tanam Bawang Merah dan Tebar Ikan Nila

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Usaha ketahanan pangan dilakukan Pemkab Sukoharjo dengan jajaran Polres dan Kodim 0726 Sukoharjo. Bentuk kegiatannya yakni pemberian sebanyak 21.000 benih bawang merah dan 60.000 bibit ikan nila. Hasil panen nanti diharapkan bisa membantu menambah stok sekaligus memenuhi kebutuhan di Sukoharjo.

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Selasa (21/7/2020) mengatakan, usaha ketahanan pangan lokal perlu dilakukan di Sukoharjo. Terlebih lagi dengan melihat kondisi perkembangan sekarang ditengah pandemi virus corona. Kebutuhan pangan menjadi prioritas untuk segera dipenuhi. Pemenuhan tersebut tidak harus mengandalkan kiriman dari luar daerah, namun bisa didapat dari produksi lokal.

Salah satu bentuk usaha ketahanan pangan lokal tersebut dilakukan bersama antara Pemkab, Polres dan Kodim 0726 Sukoharjo. Kegiatan yang dilakukan yakni pemberian sebanyak 21.000 benih bawang merah dan 60.000 bibit ikan nila.

Bawang merah dipilih karena menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Disamping itu produksi bawang merah di Sukoharjo masih sangat rendah. Karena itu upaya menambah produksi dilakukan melalui pemberian bantuan bibit dan selanjutnya dilakukan penanaman bersama petani.

“Penanaman benih bawang merah ini dilakukan sebagai bagian dari usaha ketahanan pangan lokal. Terlebih lagi produksi bawang merah di Sukoharjo masih sedikit,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI