Ketentuan Pemotongan Hewan Ternak Disosialisasikan

Editor: Ivan Aditya

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Antisipasi naiknya konsumsi daging ternak selama bulan puasa dan lebaran, seluruh tukang jagal di Boyolali akan disosialisasi mengenai ketentuan hewan ternak yang boleh dipotong dalam upaya mencapai swasembada daging.

Sesuai UU 41/2014 tentang peternakan dan kesehatan hewan, dilarang melakukan pemotongan hewan ternak, baik sapi, kerbau, kambing, atau hewan ternak ruminansia lain berjenis kelamin betina yang berada dalam masa produktif. Untuk sapi, usia produktif biasanya adalah sapi yang melahirkan kurang dari lima kali atau berumur di bawah delapan tahun.

“Nanti seluruh jagal yang ada di Boyolali akan kita undang untuk sosialisasi,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, Juwaris kepada KRJOGJA.com, Selasa (23/05/2017).

Sosialisasi tersebut akan dilakukan dengan menggandeng kepolisian sebagai penegak hukum agar sosialisasi lebih komprehensif. Sebab pelanggaran pemotongan hewan tersebut adalah pelanggaran pidana.

Selama ini, pemotongan hewan ternak yang dilakukan di rumah pemotongan hewan (RPH) sudah sesuai ketentuan. Namun untuk pemotongan di luar RPH perlu lebih diawasi, sebab diakuinya, masih banyak tukang jagal atau masyarakat yang belum mengetahui tentang ketentuan larangan pemotongan sapi betina produktif tersebut.

Maksud dari pemberlakuan aturan tersebut, sebutnya, untuk menjaga dan meningkatkan populasi sapi agar tidak turun, yakni dengan mencegah pemotongan sapi betina produktif. Aturan tersebut juga dilakukan dalam upaya pemerintah mencapai swasembada daging sapi.

“Masih banyak pemotongan hewan ternak di luar RPH, sehingga sosialisasi mesti terus dilakukan untuk antisipasi meningkatnya konsumsi daging selama puasa dan lebaran,” terangnya.

Di sisi lain Juwaris menginformasikan, saat ini banyak peternak sapi jantan yang beralih ke indukan seiring program pemerintah yang menggratiskan inseminasi buatan (IB) dalam upaya program peningkatan populasi sapi. Sedang untuk jumlah populasi sapi di Boyolali saat ini, sapi perah jumlahnya sekitar 89 ribu ekor. Sedangkan untuk sapi potong mencapai 97 ribu ekor. (R-11)

BERITA REKOMENDASI