KIP dan Komputer Dibagikan, Ini Harapan Puan

KLATEN, KRJOGJA.com – Pemerintah Indonesia memberikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 19,4 juta anak usia sekolah dari jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK. Upaya itu guna memberikan akses pendidikan baik melalui sekolah maupun kursus-kursus. Siswa SD mendapatkan bantuan uang Rp 450.000, siswa SMP Rp 750.000, dan siswa SMA/SMK Rp 1 juta setiap tahun setiap kenaikan tahun ajaran.  

Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, saat menyalurkan bantuan KIP ATM siswa yatim, komputer, dan buku bacaan di SMPN 1 Cawas, Klaten, Selasa (12/12/2017). Bantuan itu diberikan kepada SMPN 1 Cawas, SMPN 1 Wedi, SMPN 3 Bayat, dan SMPN 3 Gantiwarno.

"Uang itu diberikan oleh pemerintah untuk membantu dalam melengkapi kebutuhan sekolah. Jadi jangan sampai uang tersebut dipergunakan tidak pada tempatnya. Di Klaten, ini diberikan secara simbolis karena hampir sebagian besar sudah menerima kartunya. Penerima maanfaat akan ditambah pada tahun 2018. Sedangkan yang baru menerima di sini adalah tambahan," ujarnya.

Puan menambahkan, uang bantuan itu bisa langsung diambil melalui bank yang ditunjuk. Untuk anak SD dan SMP, pengambilan melalui BRI. Sedangkan SMA/SMK melalui BNI. Puan meminta kepada sekolah untuk membantu anak didiknya saat proses pengambilan bantuan.

"Uang itu sudah masuk ke rekening (tabungan) masing-masing penerima. Jadi tidak akan hilang. Mau diambil sebagian boleh, atau langsung semuanya juga boleh. Tapi ingat, harus digunakan sebaik-baiknya. Jangan untuk jalan-jalan, jangan untuk jajan," tandasnya.

Terkait bantuan komputer, Puan mengatakan, ada sebanyak 80 unit komputer diberikan kepada empat sekolah, masing-masing sekolah mendapatkan 20 unit komputer. Bantuan komputer bertujuan untuk membantu kegiatan belajar mengajar di sekolah. Puan meminta sekolah untuk merawat baik-baik bantuan tetsebut.

"Anak-anak harus mempergunakan komputer dengan baik dan benar. Jangan sampai komputer digunakan untuk hal-hal yang tidak baik. Sekolah harus ikut mengawasi. Saya akan memantau," tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy; Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko; dan Bupati Klaten Sri Mulyani, berharap bantuan yang diberikan pemerintah kepada siswa dan sekolah-sekolah bisa bermanfaat. Sehingga kedepan proses pendidikan bisa berjalan semakin lancar.(Lia)

BERITA REKOMENDASI