Kirab Pusaka Peninggalan Mataram di Bogem Bayat Berlangsung Khidmat

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Sejumlah warga mengikuti tradisi kirab pusaka keris di Dukuh Prengguk, Desa Bogem, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jumat (21/08/2020) dini hari. Kirab pusaka merupakan tradisi turun-temurun yang kini masih dipertahankan.

Sesepuh masyarakat setempat, Mbah Marno, mengatakan, rangkaian acara meliputi dzikir, berdoa bersama dan kemudian dilanjutkan dengan kirab pusaka keris Kyai Jangkung Naga Siluman yang merupakan peninggalan masa kerajaan Mataram.

“Keris Kyai Jangkung Naga Siluman merupakan pusaka pemberian Panembahan Senopati. Keris ini dibuat oleh Empu Supa. Dalam kirab ini selain membawa keris juga membawa tombak,” ujarnya.

Dijelaskan, tradisi kirab pusaka dilakukan dengan berjalan kaki mengitari jalan perkampungan. Kirab pusaka sebagai tradisi budaya turun temurun sesuai pesan dari Panembahan Senopati.

“Dalam kirab pusaka ini kami juga berdoa semoga wabah Corona atau Covid-19 segera hilang dan kembali normal. Sehingga masyarakat kembali beraktivitas seperti biasa,” imbuhnya. (Lia)

 

BERITA REKOMENDASI