KKB Tingkat Desa Diharapkan Tuntas Tahun 2018

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pembentukan Kampung Keluarga Berencana (KKB) ditingkat kampung dan desa diharapkan bisa terealisasi secepatnya tahun 2018 mendatang. Hingga saat ini KKB tingkat kecamatan sudah berhasil dituntaskan pada tahun 2017.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya saat membuka kegiatan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan Sukoharjo di pendapa Graha Satya Praja, Kamis (14/12/2017) mengatakan, Kabupaten Sukoharjo mencatat prestasi bagus pada tahun 2017 lewat Desa Sidorejo, Kecamatan Bendosari setelah berhasil menjadi juara 2 nasional. Kunci keberhasilan tersebut tidak lepas dari kekompakan semua pihak termasuk Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) setempat.

“Kampung KB ditingkat kecamatan sudah tuntas tahun 2017. Sedangkan tingkat kampung dan desa baru ada dua. Tahun depan harus sudah ada semua,” ujar Wardoyo Wijaya.

Untuk mewujudkan hal tersebut maka bupati meminta kepada para camat, kepala desa dan lurah untuk mendorong pembentukan KKB ditingkat kampung dan desa. “2018 masing masing kecamatan harus sudah membentuk KKB ditingkat kampung dan desa semuanya,” lanjutnya.

Pembentukan KKB ditingkat kampung dan desa bisa diwujudkan dengan bantuan alokasi dana desa (ADD). “Dana ADD boleh untuk itu program KB. Camat harus mengontrol program tersebut ditingkat desa,” lanjutnya.

Bupati melanjutkan, program KB di Sukoharjo sudah sangat maju dan banyak terobosan. Salah satunya yakni berkaitan dengan pemberian kompensasi kepada warga yang bersedia mengikuti MOP atau KB pria. Nilainya yakni Rp 2 juta per orang dan sudah berjalan sekitar dua tahun.

“Total sudah ada 90 orang mengikuti KB MOP. Jumlah itu cukup banyak dan dipekirakan terus bertambah tahun depan,” lanjutnya.

Ketua TP PKK Sukoharjo Etty Suryani mengatakan, pembentukan KKB terus didorong ditingkat desa. “Keberhasilan Desa Sidorejo, Kecamatan Bendosari berhasil ditingkat nasional harus menjadi pemicu untuk mendorong desa lainnya untuk ikut berhasil juga,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI