Klaster Ponpes Penyumbang Terbanyak Kasus Covid-19 di Boyolali

Editor: Ivan Aditya

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Boyolali masih terus bertambah. Ditengah upaya vaksinasi, kini muncul klaster baru dari pondok pesantren (Ponpes). Klaster ponpes penyumbang terbesar penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten setempat.

“Ada klaster baru dari tiga pondok pesantren,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali, Ratri S Survivalina, Selasa (16/02/2021).

Dijelaskan ketiga ponpes tersebut yakni Ponpes Darur Abror Kecamatan Karanggede tercatat 68 santri positif Covid-19, Ponpes Al Madina Kecamatan Nogosari sebanyak 6 santri dan Ponpes Al Idrus Kecamatan Wonosamodro ada 14 santri. Seluruh santri yang positif sudah menjalani isolasi agar tidak terjadi penularan kepada santri lainnya.

“Ini semua diketahui bermula ada satu santri yang positif. Lalu pihak Puskesmas setempat melakukan tracking dan diketahui ada santri lain yang diketahui positif,” ungkapnya.

Terkait dengan kegiatan vaksinasi, ia mengungkapkan capaian tahap satu sebanyak 98,36 persen dengan total 3.598 orang. Untuk vaksinasi dosis kedua tercatat sebanyak 2.944 orang atau 80,48 persen.“Ini terus berproses sehingga angkaya terus bertambah,” jelasnya.

Disis lain pihaknya juga masih melakukan proses pendataan untuk kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap kedua. Adapun sasarannya mencakup lansia, tenaga pendidik, ASN, pekerja pelayanan publik, wartawan serta TNI-Polri. “Kami perkirakan nanti jumlahnya mencapai 39.000 orang dan dilakukan secara bertahap,” imbuhnya.

Untuk kasus positif Covid-19 pertanggal 15 Februari, tercatat sebanyak 5.166 kasus. Dari jumlah tersebut, dirawat ada 709 orang. Isolasi mandiri 267 orang, selesai isolasi tercatat sebanyak 4.451 orang.

“Untuk angka kesembuhan ada 86,2 persen dan angka kematian 2,7 persen. Adapun scoring indek kesehatan masyarakat tercatat pada angka 1,96 sehingga Boyolali masuk zona resiko sedang,” kata Ratri.

Tingginya angka kesembuhan juga didukung adanya rumah sakit swasta yang kini sudah memenuhi izin merawat pasien Covid-19 yaitu RS Al Hidayah dan RS PKU Aisyiah, Singkil, Kecamatan Boyolali Kota. “Ada tiga rumah sakit lain yang masih menunggu rekomendasi untuk bisa merawat pasien Covid-19,” ungkapnya. (*-1/Sit)

BERITA REKOMENDASI