Klaten Bersiap Terapkan New Normal

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Bupati Klaten Sri Mulyani mengimbau masyarakat untuk tetap berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) menyusul diberlakukannya aktivitas normal di tengah pandemi Covid-19.

“Dengan new nomal ini semua diminta menjadi kebiasaan baru bahwa PHBS itu wajib dan melekat pada diri sendiri. Tanpa kesadaran masyarakat maka akan sangat sulit memutus mata rantai Covid-19,” ujarnya, Selasa (26/05/2020).

Bupati menegaskan akan membuat surat edaran penerapan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. Hal ini penting agar masyarakat tetap disiplin.

“Masyarakat yang berkegiatan di luar rumah wajib pakai masker. Begitu juga bagi pelaku usaha wajib menerapkan protokol kesehatan. Misalnya, warung makan atau toko wajib menerapkan penggunaan masker. Pakai masker harus tetap disiplin dibiasakan,” jelasnya.

Disisi lain, bupati juga mengingatkan kepada perantau yang terlanjur mudik di kampung halamannya untuk sementara tidak kembali ke daerah rantau. Bertahan dulu di Klaten sampai pandemi berakhir.

“Ada sekitar 25.000 pemudik. Saya mengimbau untuk sementara tetap di Klaten dulu, jangan balik ke kota rantau dulu. Karena nanti jika kembali juga prosedurnya harus sesuai SOP. Misalnya, harus disertai surat negatif virus Corona dan lainnya,” imbuhnya. (Lia)

BERITA REKOMENDASI