Klaten Lokasi Puncak Peringatan HKB Nasional 2022

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menunjuk Kabupaten Klaten, salah satu lokasi peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tingkat Nasional tahun 2022.

Kepala BPBD Klaten, Sri Winoto Senin (11/04/2022) mengemukakan, kegiatan utama HKB 2022 akan diselenggarakan pada tanggal 26 April 2022 berpusat di Jawa Tengah dan DIY, khususnya pada wilayah lingkar gunung Merapi. Meliputi empat kabupaten, yaitu Klaten, Magelang, Boyolali dan Sleman.

Ditetapkannya wilayah lingkar gunung Merapi sebagai pusat kegiatan HKB 2022, karena dinilai memiliki kesiapsiagaan yang baik apabila terjadi kedaruratan bencana. Antara lain, adanya rencana kontingensi dari level Desa sampai Kabupaten, keterlibatan aktif masyarakat dalam melakukan simulasi/gladi kebencanaan, peran perguruan tinggi serta dukungan penuh pemerintah daerah.

Kegiatan HKB 2022 dilaksanakan pada tanggal 26 April karena merupakan tanggal ditetapkannya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penaggulangan Bencana. Kegiatan ini telah berlangsung sejak Tahun 2017 di laksanakan serentak di seluruh Indonesia. Tujuan HKB adalah meningkatkan kesiapsiagaan seluruh elemen masyarakat dalam menghadapi bencana, karena Indonesia secara keseluruhan berada di wilayah rawan bencana.

Kegiatan HKB Nasional yang berlokasi di Desa Balerante, Kemalang, akan didahului dengan kegiatan simulasi mandiri warga menuju Tempat Evakuasi Sementara (TES) beserta hewan ternak pada tanggal 25 April 2022. Puncak kegiatan HKB tanggal 26 April 2022 pada jam 10.00 WIB ditandai dengan pemukulan kentongan, sirine atau alarm sebagai tanda kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Dilanjutkan dengan sarasehan masyarakat Gunung yang akan dihadiri oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto beserta Kementrian terkait, dan Kepala Pelaksana BPBD di provinsi Jawa Tengah maupun DIY, serta perwakilan pegiat kebencanaan di Indonesia.

Adapun kegiatan HKB di Kabupaten Klaten sendiri juga akan diselenggarakan secara serentak pada tanggal 26 April 2022 dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat seperti sekolah, rumah sakit, puskesmas, dunia usaha, kampus dan komunitas. (Sit)

BERITA REKOMENDASI