Klaten Mulai Vaksinasi PMK Sebanyak 2.200 Dosis

Editor: Ary B Prass

 

KLATEN, KRJOGJA.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Klaten mulai Selasa, tgl 28 Juni hingga 2 Juli 2022 akan melakukan vaksinasi PMK dengan alokasi sebanyak 2.200 dosis. Pencanangan vaksiansi PMK akan dilakukan di Desa Sucokangsi, Kecamatan Jatinom, Klaten.

“Kita rencanakan kegiatan pencanangan vaksinasi PMK di Desa Sucokangsi, Jatinom. Alokasi 2.200 dosis., tersebar di 13 kecamatan, 33 desa. Pemetaan desa dipercayakan pada tim medis, yang tahu posisi dan lokasi ternak yang sehat dan yang sakit. Hanya ternak sehat yang divaksin. Kita kerja donbel, ada tim skrining dan tim vaksin,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Klaten, Widiyanti, Senin (27/6/2022).

Lebih lanjut Widiyanti mengemukakan, tim skrining terdiri penyuluh pertanian lapangan, didampingi perangkat desa. Hal ini dalam rangka untuk pendataan dimana lokasi ternak yang sehat. Data lengkap informasi apapun akan dimasukkan dalam formulir.

Untuk itu ia berharap kejujuran peternak, sakit apapun ternaknya harus diinformasikan pada petugas, karena hal itu akan jadi pegangan dokter.

“Tim  ada doternya, paramedik dan inumerator. Sebelum melakukan vaksinasai juga akan cek lagi kondisi kesehatan ternak. Jadi hasil skrining tak mutlak bisa divaksin, karena ada pengecekan ulang. Ini agak bebeda dengan vaksin Corona. Vaksinasi ternak, selain sehat juga harus datang ke satu kandang ke kandang lainya. Ternak tak bisa dikumpulkan di satu tempat,” jelas Widyanti pula.

BERITA REKOMENDASI