Kodim Klaten Bagikan 1.352 Paket Zakat Fitrah

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Kodim 0723 Klaten menyalurkan sebanyak 1.352 paket zakat fitrah kepada masyarakat yang berhak untuk menerimanya, Jumat (07/05/2021). Pendistribusian secara simbolis dilakukan Komandan Kodim 0723 Klaten Letkol Inf Joni Eko Prasetyo kepada perwakilan penerima, di Makodim 0723 Klaten.

Dandim mengemukakan, pembagian zakat tahun ini teknisnya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya masyarakat datang mengambil langsung di Makodim atau Koramil, maka tahun ini petugas yang mengantar langsung ke rumah-rumah warga. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid 19.

“Hari ini kita mendapat amanah untuk membagikan zakat fitrah bagi masyarakat kurang mampu. Karena situasi masih Pandemi Covid-19, kita melaksanakan protokol kesehatan salah satunya yaitu menghindari kerumunan. Maka pembagian Zakat Fitrah kali ini dilaksanakan secara simbolis, untuk perwakilan penerima Zakat fitrah dibatasi dan sisanya dapat dibagikan ke 24 Koramil yang ada di Kodim 0723 Klaten,” ujarnya Joni Eko Prasetyo.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan, zakat fitrah tersebut berasal dari zakat yang dikumpulkan dari anggota Kodim 0723 Klaten. Tahun ini terkumpul 1.352 paket beras, masing-masing paket 2,5 kg. Untuk pendistrubusian ke masyarakat kurang mampu sekitar makodim sejumlah 50 paket, masyarakat sekitar Masjid Firdaus Jebugan Klaten Utara sekitar 20 paket, kepada masyarakat kurang mampu (kelompok wong gresek) Klaten sekitar 20 paket, ke Yayasan Pemeliharaan Bayi Terlantar (YPBT) Wijaya Kusuma Kelurahan Gayamprit Kecamatan Klaten Selatan sekitar 20 paket, dan selebihnya 1.035 paket dibagikan kepada kaum dhuafa di sekitar wilayah 24 Koramil Satuan Jajaran Kodim 0723 Klaten.

Dandim berharap pembagiannya tepat sasaran pada warga yang benar-benar membutuhkan. “Semoga pembagian zakat fitrah ini tepat sasaran, dan bermanfaat untuk masyarakat,” tambahnya.

Warga penerima menyatakan senang dengan adanya pembagian zakat dari Kodim Klaten tersebut. Zakat fitrah berupa beras itu dinilai bisa meringankan kebutuhan warga menjelang lebaran.(Sit)

BERITA REKOMENDASI