Kodim Klaten Terima Penghargaan Upsus Pertanian

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN (KRjogja.com) – Kodim 0723/Klaten meraih peringkat keempat dalam kejuaraan program Upaya Khusus (Upsus) di bidang ketahanan pangan nasional 2016. Piagam penghargaan langsung diserahkan oleh KASAD Jenderal Mulyono di Bogor.

Dandim Klaten Letkol Inf. Bayu Jagat Senin (21/11) mengemukakan, penghargaan tersebut telah diterima beberapa hari lalu, sebagai bentuk penghargaa atas usaha sunguh-sungguh oleh seluruh jajaran Kodim Klaten, di bidang pertanian. Khususnya dalam upaya membantu meningkatkan derajat hidup petani di Klaten.

Menurut Dandim, personil Kodim Klaten dan juga tingkat koramil, selama ini terjun langusng ke sawah. Bukan sekedar memberikan penyuluhan, melainkan juga membantu petani yang mengalami kesulitan. Diantaranya dengan meminjamkan traktor untuk membajak sawah, bahkan anggota ikut terjun langsung untuk memembantu membajak, saat para petani kesulitan untuk menyewa traktor.

Selain itu juga membantu petani untuk melakukan pemberantasan hama, normalisasi saluran irigasi dan berbagai kegiatan lain di bidaing pertanian.
”Kami tidak sekedar memberi penyuluhan, melainkan benar-benar terjun langsung. Ikut membantu menyemprot atau pemberantasan hama, termasuk juga membantu membajak sawah. Kodim punya traktor yang sewaktu-waktu bisa dipakai oleh petani yang membutuhkan,” kata Dandim.

Terkait dengan penghargaan yang diterimnya, Letkol Inf Bayu Jagat mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan yang diberikan pimpinan terkait program pemerintah di bidang ketahanan pangan terebut. "Penghargaan ini didapatkan berkat ridho Allah SWT, dan kerja keras jajaran dari mulai Kasdim 0723/Klaten, Danramil dan utamanya seluruh Babinsa yang telah bersinergi dengan seluruh kelompok tani dan dinas pertanian," kata Bayu Jagat.

Dikatakan juga oleh Letkol Inf Bayu Jagat , peran serta jajarannya merupakan bentuk loyalitas TNI bersama rakyat dalam mendukung program ketahanan pangan yang terus digulirkan oleh pemerintah, sehingga nanti dapat memproteksi rakyat khususnya petani menjadi lebih sejahtera.
"Terimakasih untuk seluruh jajaran Kodim 0723/Klaten, sehingga dapat dipercaya meraih juara keempat dari seluruh Kodim di Indonesia dalam pelaksanaan program Upsus," jelas Dandim pula.

Dandim berharap apa yang sudah di raih tidak membuat terlena, melainkan dijawab dengan terus berkarya. (Sit)

BERITA REKOMENDASI