Kodim Sukoharjo Pantau Perkembangan Cuaca

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Semua anggota Kodim 0726 Sukoharjo diminta selalu bersiap terhadap segala kemungkinan terjadinya bencana alam saat musim hujan seperti sekarang seperti banjir, angin kencang dan tanah longsor. Tidak terkecuali di waktu kemarau dengan adanya kekeringan yang menyebabkan warga bahkan petani kekurangan air. Kesiapan juga dilakukan Kodim 0726 Sukoharjo dengan mempersiapkan semua peralatan yang dimiliki dalam kondisi siap pakai.

Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa mengatakan, Kodim 0726 Sukoharjo sudah meminta kepada semua anggota untuk memantau perkembangan cuaca setiap hari. Intensitas hujan dibeberapa wilayah di Sukoharjo sedang tinggi dan dikhawatirkan berdampak terhadap kerawanan terjadinya bencana alam. Salah satu yang bisa muncul yakni banjir dan tanah longsor.

Kodim 0726 Sukoharjo sudah melakukan kesiapsiagaan termasuk kemungkinan terburuk bila terjadi bencana alam dengan memfungsikan Koramil sebagai posko pengungsian. Warga terdampak nantinya akan diangkut menggunakan armada milik Kodim 0726 Sukoharjo seperti truk.

Di wilayah dengan tingkat kerawanan tinggi maka pemantauan sekarang semakin diintensifkan. Seperti di Kecamatan Mojolaban, Polokarto, Sukoharjo, dan Grogol yang dilintasi aliran Sungai Bengawan Solo dan rawan menyebabkan terjadinya banjir. Untuk kerawanan tanah longsor seperti di Kecamatan Tawangsari, Weru dan Bulu karena wilayahnya merupakan perbukitan.

"Anggota sudah dilatih untuk siap siaga terhadap kerawanan terjadinya bencana alam. Titik rawan sudah dipetakan termasuk penanganan terhadap warga dengan menyediakan tempat pengungsian, logistik dan kebutuhan lainnya," ujarnya di makodim setempat, Senin (07/01/2018).

Khusus untuk wilayah Kecamatan Bulu Damdim mengatakan, disana kerawanan bencana alam tidak hanya terjadi saat musim hujan saja namun juga kemarau. Disaat hujan rawan tanah longsor dan diwaktu kemarau rawan kekeringan karena karekteristik wilayahnya yang berbukit.

Karena kondisi tersebut maka Kodim 0726 Sukoharjo berusaha melakukan pencegahan dengan program penghijauan dengan penanaman sejumlah pohon khususnya tanaman keras dan buah. Pohon buah ditanam juga sebagai antisipasi mengingat saat kemarau datang sering terjadi peristiwa dimana kawanan kera turun dari bukit dan menyerang permukiman warga termasuk perkebunan untuk mencari makan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI