Komisi III DPRD Klaten Perintahkan Tutup Penambangan Pasir Ilegal

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Komisi III DPRD Kabupaten Klaten mendesak pemerintah Kabupaten Klaten dan pihak-pihak terkait untuk menutup penambangan pasir ilegal di kawan lereng Gunung Merapi, Kecamatan Kemalang, serta menindak tegas kepada para pelaku penambangan yang terindikasi melakukan perusakan alam.

Ketua Komisi III DPRD Klaten Basuki Effendi, Sekretaars Komisi III Widada Gendut, dan juga anggota Komisi III, Jumarno, dalam jumpa pers di ruang komsisi III DPRD Klaten Senin (24/8) mengemukakan, dari hasil inspeksi mendadak yang dilakukan Komisi III, ditemukan kerusakan alam yang amat parah di kawasan penamanbangan pasir Kemalang.

Temuan tersebut telah ditindaklanjuti Komisi III dengan melakukan rapat bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Klaten pada Minggu (23/8). Selanjutnya Komsisi III merekomendasikan pada Pemkab Klaten dan pihak-pihak terkait untuk melakukan penutupan lokasi-lokasi penambangan golongan C ilegal. Selain itu juga minta segera dilakukan penindakan terhadap para penambang yang terindikasi melakukan perusakan lingkungan.

Basuki Effendi lebih lanjut mengemukakan, saat disidak para pelaku penambangan berdalih untuk penataan perkebunan, namun kenyataanya saat ditanyakan ijinya tidak ada.”Akhirnya kami Minggu rapat dengan DLHK, kami tanyakan terkait keberadaan perusahaan-perusahaan yang melakukan penambangan dengan dalih ijin pekebunan tersebut.

Adanya dugaan keterlibatan anggota DPRD Klaten dalam kegiatan penambangan pasir di Kemalang, Sekretaris Komisi III DPRD Klaten, Widada Gendut mengemukakan, sudah mendengar adanya informasi tersebut, namun demikian dalam hal ini Komisi III fokus pada masalah kerusakan lingkungan hidupnya, bukan pada masalah perijinanya.

BERITA REKOMENDASI