Komisioner KPU Dilarang Terima Tamu di Luar Kantor

KLATEN, KRJOGJA.com – Ketua KPU Klaten Kartika Sari Handayani menekankan pada seluruh komisioner untuk tidak menerima tamu di luar kantor, jika membahas persoalan terkait kedinasan.

Kartika Sari Handayani Senin (4/3) mengemukakan, penegasan itu untuk menghindari prasangka dari masyarakat, serta menjaga integritas KPU dalam menjalankan tugas.

“Sudah tekankan, siapapun yang ingin ketemu dan menanyakan apapun ya di kantor saja. Ada teman yang sudah bilang, mbak saya ditelepon ini, lalu saya minta di kantor saja. Ini sensitif Pemilu 2019 kan luar biasa bedanya. Sedikit kita lakukan kesalahan bisa fatal. Saya juga pernah dihubungi dari partai, saya minta di kantor saja. Katanya pingin tahu perolehan suara bagaimana pengawalanya, tapi sampai sekarang tidak datang juga,” jelas Kartika Sari.

Selain itu, KPU Klaten telah melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pilpres 2019. Ditemukan noda bintik pada sebagian surat suara tersebut. KPU Klaten menerima sebanyak 1.024.617 lembar surat suara untuk Pilpres.

Menurut Kartika, pelipatan surat suara Pilpres tersebut melibatkan sebanyak 450 orang.

Satu kelompok 10 orang, sebelumnya sudah dilakukan simulasi cara melipat sampai proses mengikat dengan karet. Para pekerja berasal dari masyarakat sekitar KPU, dan juga dari beberap wilayah di Klaten,dengan kriteria umur 17 tahun maksimal 65 tahun. (Sit)

BERITA REKOMENDASI