Komite Disabilitas Klaten Dibentuk, Lindungi Hak Kaum Difabel

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dissos P3AKB) Kabupaten Klaten gencar mensosialisasikan Peraturan Bupati (Perbup) Klaten Nomor 47 Tahun 2020 tentang Komite Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Kabupaten Klaten.

“Perbup ini dibentuk sebagai amanat Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Klaten Nomor 29 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas,” ujar Kepala Dissos P3AKB Kabupaten Klaten, M. Nasir, melalui Kepala Bidang (Kabid) Sosial, Hari Suroso, Rabu (07/10/2020).

Dijelaskan, salah satu tugas Komite Disabilitas adalah memberikan masukan dan rekomendasi terkait dengan kebijakan-kebijakan yang ada di Kabupaten Klaten kepada pemerintah daerah dan anggota dewan.

“Sehingga dari masukan ini bisa diambil satu kebijakan yang responsif difabel. Disamping itu juga membantu pemerintah daerah dalam penyelesaian permasalahan difabel di tingkat masyarakat,” jelasnya.

Komite Difabel dibentuk untuk satu tahun ke depan dengan melibatkan unsur dari pemerintah daerah, akademisi, tokoh masyarakat, tokoh agama, badan usaha, serta lembaga bantuan hukum. Selanjutnya menyusun AD/ART dan kepengurusan untuk lima tahun ke depan.

BERITA REKOMENDASI